Logo BBC

Renault, Nissan dan Mitsubishi 'Goyang' Setelah Bosnya Ditangkap

Carlos Ghosn mengepalai aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi - Getty Images
Carlos Ghosn mengepalai aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Saham Nissan dan Mitsubishi merosot pada awal perdagangan bursa Tokyo setelah penangkapan presiden direktur Carlos Ghosn. Saham Nissan turun sebesar 4%, sedangkan saham Mitsubishi turun lebih dari 7%.

Ghosn, yang mengepalai aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, dituduh tidak melaporkan pendapatannya sebesar 5 miliar yen (Rp647,9 miliar) selama lima tahun. Dia juga disebutkan telah menggunakan aset-aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Baik Nissan maupun Mitsubishi menyatakan tengah bersiap melengserkan Ghosn dari jabatannya. Dewan direksi Renault juga bakal bertemu untuk menentukan masa depan Ghosn.

Apa yang terjadi?

Dalam jumpa pers pada Senin (19/11) malam, Nissan menyatakan investigasi internal digelar berkat seorang sumber yang mengungkap adanya "aksi penyelewenangan yang signifikan".

Pengumuman itu merupakan kejutan di dunia industri otomotif mengingat Ghosn dipandang sebagai sosok penting yang mampu mengubah nasib Nissan pada awal 2000-an.

Direktur Eksekutif Nissan, Hiroto Saikawa, mengatakan "terlalu banyak wewenang diberikan kepada satu orang dalam konteks pengelolaan".