Logo ABC

Inilah Macam Strategi Negara-negara Dunia Hadapi Pandemi Corona

Jepang masih belum memutuskan apakah Olimpiade 2020 yang akan digelar 24 Juli masih akan bisa digelar atau tidak akibat virus corona.
Jepang masih belum memutuskan apakah Olimpiade 2020 yang akan digelar 24 Juli masih akan bisa digelar atau tidak akibat virus corona.
Sumber :
  • abc

Virus Corona sudah menyebar di 155 negara dan sudah dinyatakan sebagai pandemi global. Pakar kesehatan internasional mengimbau dua pendekatan utama yang bisa dilakukan untuk mengentikan laju penyebaran COVID-19.

Dalam beberapa terakhir, warga sudah mendengar istilah social distancing dan lockdown, sebagai upaya pencegahan penyebaran.

Keduanya memiliki perbedaan arti yang harus dipahami, selain juga memiliki kelebihan dan kelemahannya dalam keberhasilan mengatasi virus Corona.

Social distancing adalah usaha untuk meminta warga tidak melakukan kontak fisik yang terlalu dekat antara satu sama lain, karena kedekatan jarak berpotensi menyebarkan virus lewat tetesan air liur.

Pergeseran dari pendekatan social distancing ke lockdown terjadi di beberapa negara, di mana menurut pakar hal ini dilakukan ketika kasus sudah mencapai 1.000, maka negara sudah harus mempertimbangan dengan serius untuk kemungkinan lockdown.

Berikut ini adalah bagaimana langkah yang dilakukan sejumlah negara untuk mengatasi peredaran virus Corona.

Jepang Young students wear masks as they greet a Japanese Olympic mascot. Jepang telah menutup seluruh sekolah sejak akhir Februari 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona.

Reuters: Athit Perawongmetha

Di Jepang sejauh ini sudah terjadi 1.523 kasus Corona termasuk, 696 kasus diantaranya tertular saat berada di kapal pesiar Diamond Princess. 34 warga di Jepang meninggal karena terjangkit COVID-19.

Sempat ada kekhawatiran setelah penyebaran di kapal pesiar tersebut, virus akan dengan cepat merebak di kalangan warga lainnya, apalagi 25 persen penduduknya berusia 65 tahun ke atas, yang masuk kelompok paling rentan meninggal terkena virus.

Jepang sejauh ini berhasil mencegah penyebaran, salah satunya setelah menutup sekolah sejak bulan Februari