Logo BBC

Mengungkap Penipuan Agensi Desain Hantu Kelabui Banyak Orang Inggris

Ilustrasi pertemuan online. BBC Indonesia
Ilustrasi pertemuan online. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pertemuan Zoom saat itu sudah dihadiri 40 orang. Semua staf di sebuah agensi desain bersiap menyambut karyawan baru perusahaan yang sedang berkembang itu. Perusahaan itu bernama Madbird dan bosnya yang dinamis dan inspiratif, Ali Ayad, ingin semua orang yang sudah hadir menjadi penipu ambisius, sama seperti dia.

Namun, mereka tidak tahu bahwa beberapa orang lain dalam pertemuan itu bukanlah orang sungguhan. Ya, mereka terdaftar sebagai peserta. Beberapa bahkan memiliki akun email aktif dan profil LinkedIn, tapi nama mereka dibuat-buat dan gambar mereka milik orang lain.

Semuanya palsu - karyawan yang sebenarnya telah mengalami "jobfish". BBC menghabiskan waktu satu tahun untuk menyelidiki apa yang terjadi.

Short presentational grey line
BBC

Chris Doocey, seorang manajer penjualan berusia 27 tahun yang berbasis di Manchester, mulai bekerja di Madbird pada Oktober 2020, beberapa bulan sebelum pertemuan Zoom itu. Dia diberitahu bahwa dia akan bekerja dari rumah. Pandemi masih berlangsung, jadi hal itu normal.

Covid-19 telah menjungkirbalikkan hidup Chris. Dia kehilangan pekerjaan terakhirnya. Itulah sebabnya dia melamar pekerjaan di Madbird. Dalam iklannya, Madbird digambarkan sebagai "agen desain digital yang lahir di London dan beroperasi di seluruh dunia". Kedengarannya bagus.

Chris Doocey
BBC
Chris Doocey mengira Madbird adalah tempat yang baik untuk bekerja.

Madbird mempekerjakan lebih dari 50 orang lainnya. Sebagian besar bekerja di bagian penjualan, beberapa di bidang desain, dan yang lainnya lagi bertugas mengawasi. Setiap anggota baru diperintahkan untuk bekerja dari rumah - mengirim pesan melalui email dan berbicara satu sama lain melalui Zoom.

Staf lain tinggal di luar Inggris. Ingin memasuki pasar global, departemen SDM Madbird memasang iklan lowongan kerja online untuk tim penjualan internasional yang berbasis di Dubai. Setidaknya selusin orang dari Uganda, India, Afrika Selatan, Filipina, dan tempat lain juga dipekerjakan.

Bagi mereka, pekerjaan itu lebih dari sekadar cek gaji, tetapi juga visa Inggris. Jika mereka melewati masa percobaan enam bulan dan memenuhi target penjualan, kontrak mereka menyebut Madbird akan mensponsori mereka untuk pindah ke Inggris.

Ali Ayad tahu betul artinya membuat kehidupan baru di Inggris. Dia sering berbicara dengan para staf Madbird tentang masa lalunya sebelum menetap di London. Tapi ceritanya memiliki banyak versi.

Kepada satu orang dia memperkenalkan dirinya sebagai seorang Mormon, dari Utah di AS. Kepada yang lain, dia mengaku berasal dari Lebanon dan memiliki masa kecil yang sulit, yang mengajarkannya menjadi seorang yang sangat giat.

Bahkan namanya pun berubah. Kadang-kadang dia menambahkan huruf "y" kedua pada nama belakangnya, menjadi "Ayyad". Di lain waktu ia adalah "Alex Ayd".

Ali Ayad
BBC
Ali Ayad di saat berada di London.