Ratu Elizabeth II Wafat, Aktivitas Parlemen Australia Berhenti 15 Hari

Gedung Parlemen Australia.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Australia, yang merupakan negara Persemakmuran Inggris, akan mengadakan peringatan nasional dan hari berkabung nasional untuk memperingati kematian Ratu Elizabeth II, yang meninggal Jumat dini hari 9 September 2022 waktu Australia. Kegiatan parlemen federal akan dihentikan selama 15 hari dan diadakan penghormatan senjata di seluruh negeri.

Perempuan Ini Bukan Orang Sembarangan di McLaren Automotive

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth, serangkaian formalitas dan protokol untuk memperingati kematian Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan selama dua minggu ke depan.

Perwakilan Ratu di Australia, Gubernur Jenderal David Hurley, diberitahu tentang kematian Ratu oleh Istana Buckingham. Hurley, kemudian memberi tahu Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

Pengakuan Mantan Pendeta Ortodoks Masuk Islam: Aku Seorang Pendosa

Pemimpin Partai Buruh sekaligus Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

Photo :
  • AP/Joel Carrett.

Albanese dan Hurley akan melakukan perjalanan ke London dalam beberapa hari mendatang, di mana mereka akan bertemu Raja Charles dan menghadiri pemakaman Ratu di Westminster Abbey – yang akan diadakan 10 hari setelah kematiannya.

Menlu Retno Ungkap Isi Pertemuan Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia

Australia tidak akan menjalankan masa berkabung resmi, seperti yang dilaksanakan Inggris. Namun upacara peringatan nasional, yang diperkirakan akan diadakan dalam waktu sekitar dua minggu, akan dinyatakan sebagai hari berkabung.

Rencana ketaatan dari pemerintah Australia menetapkan rangkaian acara 14 hari sejak hari kematian Ratu – disebut sebagai “Hari-H”. Jadwal menetapkan rencana harian sebagai “D+1”, “D+2” dan seterusnya.

Rencana tersebut menyatakan bahwa bendera Australia akan dikibarkan setengah tiang, sebagai tanda berkabung dan penghormatan, sampai setelah hari pemakaman Ratu pada H+10. Satu-satunya bendera yang tetap di tiang penuh adalah standar wakil agung, seperti standar gubernur jenderal. Bendera-bendera itu tidak berkibar setengah tiang karena melambangkan monarki, yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya