Batu Ginjal Terbesar di Dunia Berhasil Dikeluarkan, Ukurannya Sebesar Jeruk Bali

Batu Ginjal Terbesar di Dunia
Sumber :
  • Sri Lanka Army

Kolombo – Batu ginjal terbesar di dunia berhasil dikeluarkan dari seorang pasien di Sri Lanka. Batu ginjal tersebut kira-kira memiliki ukuran sebesar jeruk bali, sepanjang pisang, dan seberat empat ekor hamster. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Dengan panjang 13,372 sentimeter (5,26 inci) dan berat 801 gram (1,76 lbs), batu ginjal tersebut memecahkan dua rekor dunia ketika dikeluarkan oleh dokter Angkatan Darat Sri Lanka pada 1 Juni 2023 lalu. 

Sebelumnya, rekor batu ginjal terpanjang ditetapkan di India pada 2004, yang memiliki panjang 13 sentimeter, berat 620 gram, kemudian batu ginjal terbesar kedua ditetapkan di Pakistan pada 2008, menurut Rekor Dunia Guinness. 

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Ilustrasi Batu Ginjal

Photo :
  • U-Report

Rekor Dunia Guinness telah mengonfirmasi bahwa kedua rekor tersebut telah dipecahkan oleh batu ginjal Sri Lanka, yang diambil di Rumah Sakit Angkatan Darat Kolombo. 

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Dilansir dari CNN Internasional, Rabu, 15 Juni 2023, batu ginjal terdiri dari potongan bahan padat yang mengkristal di ginjal, ureter atau kandung kemih karena faktor genetik dan lingkungan. Mereka relatif umum, mempengaruhi sekitar 10 persen orang di beberapa titik dalam hidup ginjal, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini mungkin menjadi lebih umum. 

Sebagian besar jenis batu ginjal ini dapat dicegah dengan tetap terhidrasi dan mengurangi asupan natrium. Menurut Mayo Clinic, minum sebanyak 2 hingga 3 liter (1,89 hingga 2,8 liter) air per hari dapat membantu menghilangkan batu kecil, yang berdiameter kurang dari 3 milimeter (0,11 inci) dengan membuang sistem saluran kemih. Namun, prosesnya terkenal menyakitkan. 

Batu yang berdiameter di atas 3 milimeter seringkali membutuhkan perawatan yang lebih ekstensif seperti pembedahan untuk mengangkatnya. Perawatan tersebut termasuk menggunakan gelombang suara untuk memecahkan batu atau pembedahan melalui sayatan kecil di punggung bawah. 

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi batu ginjal meningkat di antara pria dan wanita di Amerika Serikat. Untuk mengkonfirmasi diagnosis batu ginjal, dokter dapat menggunakan teknik pencitraan seperti ultrasound atau computed tomography (CT) scan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya