Jokowi, Xi Jinping hingga Joe Biden Sampaikan Dukacita Atas Gempa Maroko

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup KTT ASEAN ke-43
Sumber :
  • gallery.asean

Maroko – Gempa terjadi di Maroko yang menewaskan ratusan orang. Insiden ini menarik perhatian para pemimpin negara, dan mendapat ucapan belasungkawa, termasuk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Jokowi menyampaikan dukacita mendalam atas gempa dahsyat yang melanda Maroko pada Jumat, 8 September 2023. Diketahui, peristiwa itu menewaskan 820 orang.

"Saya turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Maroko atas gempa tragis yang terjadi. Pikiran serta doa kami mengiringi para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terdampak kejadian ini," kata Jokowi melalui platform X, pada hari Sabtu, 9 September 2023.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Gempa dasyat guncang Maroko.

Photo :
  • Twitter

Selain Jokowi, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping juga turut menyampaikan rasa dukanya atas insiden tersebut. 

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Dilansir dari CNN Internasional, Joe Biden menyampaikan simpatinya kepada para korban gempa bumi dan menyatakan bahwa AS siap memberikan bantuan yang diperlukan

"Saya sangat sedih atas hilangnya nyawa dan kehancuran akibat gempa bumi di Maroko," kata Biden dalam pernyataan tertulis dari The White House.

Sebagai informasi, Korban meninggal akibat gempa bumi berkekuatan M 6,8, yang mengguncang Maroko bertambah menjadi 820 orang, 672 korban terluka parah. Sementara itu 205 orang dalam kondisi kritis.

Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter melanda 72 kilometer dari tempat wisata Marrakesh pada pukul 23.11 malam, menurut laporan dari US Geological Survey. Getaran kuat juga dirasakan di kota pesisir Rabat, Casablanca dan Essaouira.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya