Logo BBC

Kasus Corona di Jakarta Turun, Tenaga Medis Ungkap Situasi di Lapangan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pemerintah mengklaim kasus Covid-19 di Jakarta yang menjadi epidemi penyebaran virus corona di Indonesia, "mengalami perlambatan yang sangat pesat", namun sehari setelahnya penambahan kasus di Jakarta kembali melampaui 100 orang.

Data fluktuatif ini seiring banyaknya orang tanpa gejala dan warga yang bergerak di Jakarta `masih sekitar 30-50%`.

Meski mengakui penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di ibu kota selama dua pekan terakhir telah menunjukkan hasil, namun pakar pemodelan matematika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Nuning Nuriani menekankan pemerintah perlu mewaspadai puncak kasus yang diperkirakan akan terjadi akhir Mei atau awal Juni.

Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia, Doni Monardo menyebut kasus positif Covid-19 di Jakarta "mengalami perlambatan yang sangat pesat dan saat ini sudah mengalami flat".

Akan tetapi, perawat rumah sakit darurat Covid-19 di Wisma Atlet, Jakarta yang menangani pasien di high care unit (HCU), Kamal Putra Pratama mengungkapkan fenomena kasus di lapangan justru tidak berkurang.

"Fenomenanya kita lihat di lapangan tidak berkurang. Kami kan ada beberapa bagian, ada yang di rawat inap, UGD, dan HCU-high care unit. Tren [pasien] di HCU saat ini berkurang memang, tapi tren [pasien] di UGD kita belum tahu ada berapa, sedangkan kalau data hariannya lumayan banyak," uja Putra kepada BBC News Indonesia, Selasa (28/04).

Satu perawat menangani setidaknya tujuh pasien

Relawan perawat yang bertugas di unit pelayanan rawat inap bagi pasien yang masih memerlukan pengobatan, perawatan, dan pemantauan secara ketat, atau high care unit (HCU) di rumah sakit darurat Covid 19 Wisma Atlet, Jakarta mengaku khawatir dengan jumlah pasien yang naik turun setiap harinya.

"Kalau hari ini memang landai untuk malam tadi [pasien] di HCU sedikit, tapi saat lagi banyak itu overload banyak," ujar Putra kepada BBC News Indonesia, Selasa (28/04).