Terkuak, Alasan Pemotor Kerap Nekat Terobos JLNT Casablanca

Sejumlah pengendara sepeda motor melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang di kawasan Casablanca, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta - Polisi mengungkap alasan pengemudi motor kerap nekat menerobos Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca. Padahal JLNT Casablanca berbahaya bagi pemotor.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Sebagai bukti, seorang pengendara Honda Vario berinisial SA tewas di sana karena mengalami kecelakaan. Ternyata pemotor nekat menerobos JLNT karena mau kebut-kebutan di sana.

"Ruas jalan sepanjang JLNT digunakan pengendara dalam melakukan kebut-kebutan dikarenakan jarang sekali kendaraan yang lewat terutama malam hari / dini hari," ucap Kepala Seksi Kecelakaan Lalu Lintas Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Diella Kartika Artha kepada wartawan, Jumat, 30 Juni 2023.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Kata dia, lokasinya yang berada di atas membuat pengendara nyaman untuk melakukan aktivitas seperti balap liar yang jauh dipantau oleh petugas atau masyarakat. "Ruas jalan yang juga tidak ada APILL membuat pengendara bisa melakukan kecepatan di atas rata-rata," ujarnya.

Pemotor yang nekat lawan arah di JLNT Casablanca.

Photo :
  • Repro Twitter
Dugaan Penyebab Anggota Polresta Manado Tewas Bunuh Diri di Dalam Mobil Alphard

Lebih lanjut Diella juga mengungkap lagi alasan lain jalur JLNT jadi langganan para pemotor melanggar. Kata dia, hal itu juga lantaran faktor jalan yang dianggap lebih nyaman dan bisa menghindari kemacetan oleh pemotor.

"Jalan Layang Non Tol dianggap oleh pengendara sepeda motor sebagai jalur alternatif serta untuk menghindari kemacetan," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan maut pengemudi roda dua kembali terjadi di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan. Kejadiannya pun viral di media sosial.

Adapun salah satunya diposting akun Instagram @lensa_berita_jakarta. Dalam postingan kejadian ini disebut terjadi pada Selasa, 27 Juni 2023 sekira pukul 05.15 WIB. Dalam video yang diposting nampak korban dalam kondisi tergeletak di jalanan.

"Seorang pengendara motor mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia di JLNT Casablanca," demikian seperti dikutip, Selasa 27 Juni 2023.

Untuk diketahui, buntut nekat melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan, seorang pengendara roda dua meregang nyawa. Walau sudah ada rambu-rambu larangan pengendara sepeda motor melintas di sana.

Kejadiannya Minggu, 7 Mei 2023 malam sekira pukul 21.00 WIB. Persisnya kecelakaan terjadi di JLNT Casablanca arah timur tepatnya di seberang Gedung Mandiri wilayah Jakarta Selatan. Korban adalah pengemudi sepeda Motor Honda Scoopy.

"Korban berinisial D, laki-laki, 21 tahun," kata Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Jhoni Eka Putra kepada wartawan, Senin 8 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya