Pemprov DKI Imbau Warga Selalu Pakai Masker Atasi Polusi Udara

Kondisi udara di Jakarta yang penuh polusi. (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/ M Ali Wafa

JakartaPolusi udara menjadi masalah cukup serius yang mengintai masyarakat di Ibu Kota. Kualitas udara di DKI Jakarta sendiri dan beberapa kota penyangga dinilai sangat buruk.

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Oleh sebab itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengimbau warga menggunakan masker untuk mengantisipasi polusi udara di Ibu Kota.

"Kalau memang kualitas udara kurang baik, maka gunakan masker jika terpaksa beraktivitas di luar," ujar Asep kepada wartawan di Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Bahayakan Kesehatan, BMKG Imbau Warga Pakai Masker

Kondisi udara Jakarta lewat aplikasi Air Visual

Photo :
  • Vivanews/Adinda Purnama Rachmani

Asep menjelaskan penyebab kualitas udara memburuk ketika memasuki bulan Juni hingga akhir tahun. Ia mengatakan pada bulan Juni hingga September untuk musim hujan berkurang, sementara aktivitas masyarakat bertambah.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

"Selama musim kemarau biasanya dari bulan Juni-September itu pasti memang kualitas udaranya kurang baik. Ya karena memang hujan berkurang, kemudian aktivitas masyarakat bertambah," kata dia.

Asep juga menilai pada musim kemarau, aktivitas pembangunan di Jakarta tinggi. Hal itu pun menjadi faktor pendukung meningkatnya polusi udara dan kualitas udara menjadi buruk.

"Kemudian juga Juni-Desember, aktivitas pembangunan di Jakarta tinggi. Sehingga menyebabkan aktivitas udara di Jakarta menjadi kurang baik," katanya.

Diketahui sebagai informasi, saat ini kualitas udara di Jakarta diketahui sedang tidak sehat berdasarkan situs IQAir, platform informasi kualitas udara yang dapat diketahui secara real-time

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akan menambah ruang terbuka hijau (RTH), mengurangi emisi udara buruk dari kendaraan bermotor, dan melakukan peralihan bahan bakar.

"Pemda DKI berbenah menambah RTH kita semua menanam pohon. Di sisi lain, kurangi emisi kendaraan dan tentunya peralihan bahan bakar ke kendaraan alternatif," ujar Heru kepada wartawan, dikutip Jumat, 9 Juni 2023.

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu juga mendorong peralihan bahan bakar untuk Transjakarta. Dia berharap agar kendaraan Transjakarta menggunakan listrik guna mengurangi polusi.

"Akan diusahakan termasuk juga Transjakarta berbenah gunakan bus listrik, pokoknya semua masyarakat sama-sama membantu," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya