Profil Pahala Nugraha Mansury, Mantan Wamen BUMN yang Kini Dilantik Jadi Wamenlu

Presiden Jokowi melantik lima wakil menteri baru di Istana Negara, Senin (17/7)
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Pahala Nugraha Mansury saat ini bakal menduduki jabatan baru di pemerintahan. Ia dikabarkan akan dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Pelantikan Pahala sebagai Wamenlu akan dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin, 17 Juli 2023. 

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Pelantikan tersebut akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan Pahala juga tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

Profil Pahala Nugraha Mansury

Duet Anindya Bakrie dan Erick Thohir Bawa Oxford United Sabet Tiket Playoff

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury.

Photo :
  • istimewa

Sebelumnya, Pahala Nugraha Mansury sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) I. Ia dilantik sebagai Wamen BUMN I pada 23 Desember 2023 untuk menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan. 

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Pria kelahiran Bogor, Jawa Barat pada 8 April 1971 itu mempunyai latar belakang pendidikan ekonomi di program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (UI). Ia berhasil lulus pada tahun 1994. 

Bukan hanya itu saja, Pahala juga melanjutkan pendidikannya ke School of Business, New York University. Ia lulus dengan gelar Master of Business Administration (MBA) tahun 1999. 

Perjalanan Karier

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury.

Photo :
  • Dok. Pertamina

Pada tahun 1994, ia bergabung dengan konsultan jasa manajemen di luar negeri. Kala itu, ia juga berpindah dari satu konsultan ke konsultan lain. Kemudian, pada tahun 2003, Pahala kembali ke Tanah Air dan mengawali karier di BUMN. 

Pahala bergabung dengan Bank Mandiri sejak tahun 2003 sampai 2017 atau sekitar 15 tahun. Selama bergabung dengan Bank Mandiri, kariernya berjalan menanjak dengan menduduki posisi strategis. Pada tahun 2010, ia sempat terpilih sebagai direktur.

Pada awalnya, Pahala menjabat sebagai Direktur Finance and Strategy hingga tahun 2015. Lalu, ia dipercaya untuk menduduki jabatan Direktur Treasury and Market selama 2015–2017. Tak berhenti di situ saja, pada 2017-2018 ia ditetapkan direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. 

Kemudian, pada 2018, ia dipindahtugaskan sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero). Setahun setelah itu, Pahala ditunjuk sebagai Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN). Setelah itu, ia dipercaya sebagai Wakil Menteri BUMN I bersama Erick Thohir

Kini, Pahala Nugraha Mansury bakal dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri untuk mendampingi Retno Marsudi. Ia menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki oleh Mahendra Siregar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya