Ridwan Kamil Siapkan Hotel Bintang 5 bagi Tenaga Medis Corona Jabar

VIVA – Hotel bintang lima di Kota Bandung, yaitu Hotel Preanger di Jalan Asia Afrika, dialih fungsikan menjadi tempat menginap para tenaga medis yang merawat pasien terkait kasus virus corona atau covid-19. Seperti diketahui, Hotel Preanger merupakan aset pemerintah yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Jasa dan Kepariwisataan (Jaswita).

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Hotel Preanger jadi tempat beristirahat bagi tenaga medis selama tiga bulan. "Kita harus melawan stigma yang menilai tenaga kesehatan ini harus dijauhi karena turut menyebarkan virus corona," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di sela-sela peninjauan Hotel Preanger, Selasa 7 April 2020.

Menurutnya, fasilitas hotel bintang lima layak dirasakan para dokter dan tenaga medis karena mereka saat ini berada di garda terdepan dalam menangani wabah covid-19. "Jadi kita harus dukung dengan segala cara. Silakan nikmati fasilitas pelayanan yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Lengkap, Rekomendasi Hotel Murah di Surabaya dan Hotel Bintang Lima di Surabaya

Bahkan, Ridwan Kamil menduga bahwa fasilitas hotel bintang lima ini satu - satunya di Indonesia di tengah penanganan wabah virus corona. "Mungkin menjadi satu-satunya hotel bintang lima di Indonesia yang digunakan sebagai tempat tinggal para tenaga kesehatan dan dokter yang bertugas menangani covid-19," lanjut pejabat yang akrab disapa Emil itu.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus
>

Dia juga mengapresiasi kerelaan pengelola aset yaitu PT. Jaswita menyediakan Preanger menjadi lokasi menetap bagi tenaga medis. "Saya apresiasi Jaswita Jabar karena mampu menyiapkan ini dengan sebaik mungkin. Sehingga pesan positifnya, semua pihak terlibat dalam memerangi covid-19," kata gubernur.

Direktur Utama PT. Jaswita, Deni Nurdyana Hadimin, mengungapkan bahwa 200 kamar disiapkan bagi dokter dan tenaga medis denvan lahanan antar jemput untuk berangkat maupun pulang dari rumah sakit.

"Pak Gubernur memberikan arahan kepada BUMD Jabar, khususnya Jaswita Jabar untuk turut berperan aktif dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona di Jawa Barat. Karena kami bergerak di bidang jasa dan kepariwisataan, maka upaya kami adalah menyiapkan hotel yang dimiliki Jaswita Jabar untuk digunakan sebagai tempat tinggal sementara para petugas kesehatan selama bekerja merawat pasien yang terpapar virus corona," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya