Jakpro Ungkap Penyebab Pagar Tribun JIS Roboh, Singgung Ulah Suporter

Pagar pembatas penonton di JIS roboh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Metro – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) menyayangkan kejadian robohnya pagar pembatas di stadion JIS pada saat acara pertandingan persahabatan antara Persija melawan Chonburi FC pada Minggu, 24 Juli 2022, di Jakarta International Stadium (JIS). 

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Hal itu karena euphoria dan antusiasme yang sangat tinggi mengakibatkan fungsi pagar pembatas tidak digunakan sebagaimana mestinya. Padahal pembuatan pagar penonton telah dibuat sedemikian rupa demi keselamatan bersama sebagaimana dipersyaratkan pada standar stadium kelas internasional. 

"Sedianya, pagar pembatas berfungsi untuk penanda batas untuk menjaga keselamatan antara penonton dan pemain, dan bukan untuk diduduki, diinjak atau bahkan dilompati," kata VP Corporate Secretary Jakpro, Nadia Diposanjoyo di Jakarta, Selasa, 26 Juli 2022. 

Kans Anies Maju Lagi di Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin: Dia Selalu Bilang Jeda Dulu

Pagar pembatas penonton di JIS roboh

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ia menjelaskan kronologis kejadian itu, menjelang pertandingan persahabatan Persija melawan Chonburi FC, antusiasme penonton semakin meningkat karena semakin dekat waktunya menuju pertandingan. 

Surya Paloh Tak Hadiri Pembubaran Timnas Amin, Nasdem Beri Penjelasan

Seiring berjalannya waktu, hampir seluruh tribun Tier 1 terpenuhi bahkan melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia. 

Terlihat dari kamera pemantau bahwa beberapa penonton ada yang menaiki horizontal barrier, lalu memasang spanduk, duduk dan lain lain. Dimana horizontal barrier dari kekuatan strukturnya maupun peruntukannya tidak didesain sebagai tempat untuk berpijak, dinaiki, diduduki, sebagai akses ke lapangan maupun berpindah tribun. 

"Atas aktivitas penonton yang berpijak pada horizontal barrier tersebut, terdapat beban tarik tambahan. Ini diluar yang direncanakan pada angkur kolom praktis yang menjadi tumpuan horizontal barrier tercabut (failed). Hal ini menyebabkan horizontal barrier beserta pagar pembatas penonton pada sisi utara roboh," ujarnya. 

Pagar roboh mendadak saat grand launching JIS.

Photo :
  • VIVA/Zulfikar Husein

Adapun sebagaimana standar internasional, pembuatan pagar pembatas antara pemain dan penonton di bagian depan Tier 1 Jakarta International Stadium (JIS) terdiri dari dua bagian, yaitu Railing sisi depan, dan Horizontal Barrier 

"Fungsi pagar pembatas ini adalah untuk memastikan penonton agar tetap berada di tribun dan tidak memasuki lapangan, mengingat jarak antara FOP dengan penonton sangat dekat kurang lebih 10 meter," ujarnya. 

Menurutnya, penggunaan dan penerapan horizontal barrier ini pun merupakan salah satu kriteria dari Basic Design, hasil usulan dari konsultan perencana Buro Happold dan telah disetujui di TABG-AP (Tim ahli bangunan gedung bidang arsitektur dan perkotaan) dan telah disetujui di TABG-AP (Tim ahli bangunan gedung bidang arsitektur dan perkotaan). 

Sebelumnya, pagar pembatas tribun penonton JIS bagian utara roboh saat acara peresmian stadion tersebut, Minggu petang. Pagar pembatas roboh setelah diduduki suporter Jakmania. Pagar tersebut miring dan akhirnya ambruk akibat beban yang terlalu berat.

Insiden itu menyebabkan beberapa suporter jatuh tersungkur dari pagar setinggi 2 meter tersebut. Petugas Satpol PP langsung menggotong penonton yang terjatuh itu dan membawanya ke ruang tim medis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya