Cara Polda Aceh Agar Situs Budaya dan Agama Tak Alami Degradasi Kualitas

Revitalisasi makam Syiah Kuala dan Masjid Baiturrahim
Sumber :
  • Istimewa

Aceh – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli mendatang, Polda Aceh melakukan revitalisasi terhadap situs agama dan budaya, yakni Makam Syiah Kuala, seorang ulama kharismatik asal Aceh dan pernah menjadi Mufti Agung di kerajaan Aceh Darussalam. Makam tersebut banyak didatangi oleh peziarah baik lokal hingga mancanegara.   

Detik-detik Pembunuh Keluar Hotel Bawa Jasad Wanita dalam Koper yang Ditemukan di Cikarang

Karo SDM Polda Aceh, Kombes Fajar Budiyanto menyampaikan, selain makam Syiah Kuala, pihaknya juga merevitalisasi Masjid Baiturrahim merupakan peninggalan Kesultanan Aceh. Masjid ini didirikan sekitar abad ke-17 dengan sebutan Masjid Jami’ Ulee Lheue.

“Ketika bencana tsunami itu terjadi, masjid ini tetap kokoh berdiri di tengah hamparan puing bangunan sekitarnya yang telah hancur. Hanya sebagian kecil bagian bangunan yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut,” kata Kombes Fajar dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 20 Juni 2023.

Kata Kapolri soal Kasus Brigadir Ridhal Ali yang Tewas Bunuh Diri

Revitalisasi situs agama dan budaya ini, kata Fajar, merupakan harapan Polri bahwa moderasi beragama diperlukan sebagai solusi, agar dapat menjadi kunci penting untuk menciptakan kehidupan yang rukun, harmoni, damai, serta keseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun dalam beragama. 

Selain itu, sambung Fajar, revitalisasi situs budaya dan agama diperlukan agar tidak mengalami degradasi atau penurunan kualitas, potensi, fisik, maupun nilai keindahan, yang disebabkan oleh berbagai penyebab kerusakan

Penuhi Keinginan Babe Cabita, Istri lelang Vespa Demi Bangun Pesantren dan Masjid

“Karena itulah pada Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 Biro SDM Polda Aceh melakukan renovasi terhadap makam Syiah Kuala dan Masjid Baiturrahim dengan cara melakukan revitalisasi, sehingga akan membentuk keindahan dan kenyamanan yang dapat membangun ekosistem wisata, membantu serta mendukung UMKM agar dapat meningkatkan perekonomian rakyat,” pungkas Kombes Fajar.

Melalui grup lending PNM Mekaar tercatat membina lebih dari 15,2 juta nasabah

Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju dan Bisa Membantu Sesama

Ia merasa sangat bersyukur sejak bergabung menjadi nasabah PNM Mekaar dan menjadi ketua kelompok ia merasa semakin mudah dalam menjalankan usaha atas bimbingan AO.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024