Tim Jibom Temukan 50 Kilogram Bahan Petasan dari Lokasi Ledakan di Kota Batu

Beberapa bahan baku yang ditemukan oleh Tim Jibom dan Labfor Brimob Polda Jatim.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Uki Rama (Malang)

Malang – Petugas menemukan 50 kilogram bahan baku petasan saat melakukan penyisiran di lokasi ledakan di sebuah rumah di Dusun Karangmloko, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Kamis 22 Juni 2023. Ledakan ini membuat korban atau penghuni mengalami luka hingga 80 persen. 

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsudin mengatakan dalam penyisiran yang dilakukan oleh Tim Jibom dan Labfor Brimob, Polda Jatim mengumpulkan sekitar 50 kilogram bahan baku pembuat petasan.

"Bahan itu meliputi 3 kardus semacam kembang api dengan ukuran panjang 1 meter hingga 70 senti. Lalu ada juga alat-alat pendukung antara lain mixer, alat campur, alat bor, timbangan," kata Oskar, Kamis, 22 Juni 2023. 

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Kondisi rumah yang mengalami ledakan, di Kota Batu, Malang, Jatim.

Photo :
  • Viva.co.id/ Uki Rama (Malang)

Selanjutnya, petugas akan mendalami kandungan zat yang ditemukan dalam bahan-bahan ini. Petugas menduga pelaku sekaligus korban menyewa rumah tersebut untuk pembuatan industri rumahan kembang api. Terkait untuk bahan-bahan ini didapat dari mana, polisi masih melakukan pendalaman.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

"Kalau dugaan timbulnya ledakan yaitu saat proses pengolahan ada hal yang tidak sesuai, misal secara kimiawi dan akhirnya terjadi ledakan," ujar Oskar.

Sementara itu, Pemeriksa Handak Labfor Polda Jatim, AKP Cahyo Widianto mengaku belum bisa menjelaskan dengan rinci bahan-bahan yang ditemukan. 

"Terutama bahan pembuatan kembang api, berbagai macam serbuk kimia, yang bisa kita jelaskan tadi ada serbuk mesiu terbuat dari campuran potasium klorat dan belerang. Bubuk itu salah satu pemicu ledakan," ujarnya.

Sebelumnya, pada Rabu 21 Juni 2023, terjadi ledakan di sebuah rumah semi permanen dan menyebabkan penghuninya mengalami luka bakar hingga 80 persen. Korban saat ini tengah menjalani perawatan intensif di RS Muhammadiyah Malang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya