Gempa Bantul, Ganjar Gerak Cepat Keluarkan Instruksi Tangani Dampak di Jateng

Bangunan Rumah Rusak Imbas Gempa Bantul DIY
Sumber :
  • TRC BPBD DIY

Jakarta – Meski Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tengah melakukan ibadah di tanah suci, namun dirinya terus memonitor apa yang terjadi di daerah pemerintahannya. Khususnya ada dampak yang terjadi di Jawa Tengah atas gempa yang dialami di wilayah Bantul, Yogyakarta, Jumat, 30 Juni 2023.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

Gempa dengan kekuatan 6,4 SR tersebut dirasakan di wilayah Jawa Tengah. Tidak hanya itu, gempa tersebut juga menyebabkan beberapa dampak kerusakan. Ganjar Pranowo melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Jawa Tengah Bergas Catursasi mengaku masih melakukan assesmen dan penanganan dampak gempa di Bantul.

"Kami sudah berkoordinasi dengan relawan dan BPBD setempat untuk memastikan kondisi di lapangan," ujar Ganjar dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu, 1 Juli 2023.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Capres Ganjar Pranowo Blusukan di Pademangan Barat

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

Ia menambahkan, data yang dilaporkan ada sebanyak 11 kabupaten di Jawa Tengah yang terdampak gempa yang terjadi sekitar pukul 19.57 WIB tersebut, yakni Kebumen, Wonogiri, Purworejo, Purbalingga, Wonosobo, Magelang, Kabupaten Tegal, Banyumas. Kemudian Banjarnegara, Grobogan, Klaten, dan Brebes.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

"Dari laporan yang masuk, Wonogiri dilaporkan paling parah terdampak. Namun, kami terus melakukan koordinasi dengan daerah," ungkapnya.

Secara rinci, ia menyebutkan di Wonogiri ada 66 rumah milik warga dilaporkan mengalami rusak ringan, tiga bangunan sekolah rusak berat yakni SMPN 1 Paranggupito, SMK Pariwisata Pracimantoro, dan SMK 1 Giriloyo. Selain itu, satu tempat ibadah di Wonogiri juga dilaporkan mengalami rusak berat dan dua bangunan lainnya mengalami rusak sedang.

"Untuk saat ini, kami sudah mengirim bantuan logistik ke Wonogiri," imbuhnya.

Diterangkannya, untuk kerusakan bangunan fasilitas umum yang menjadi kewenangan Pemprov, akan dilakukan penanganan cepat menggunakan Dana Tak Terduga (DTT).

"Datanya ada SMK yang rusak dan fasilitas umum lainnya. Yang di bawah kewenangan Pemprov akan ditangani dengan DTT. Untuk yang kewenangan daerah masih terus dikoordinasikan ke daerah," tuturnya.

Selain Wonogiri, Bergas Catursasi menambahkan, kerusakan juga terjadi di Kebumen. Setidaknya dua rumah dilaporkan rusak sedak, 9 rumah rusak ringan, jaringan listrik mengalami kerusakan, 11 KK dengan 38 jiwa terdampak, 1 bangunan rusak berat, dan satu tempat ibadah rusak ringan.

Di Kabupaten Purworejo dilaporkan 3 rumah mengalami rusak berat dan 1 rumah rusak sedang. Di Purbalingga, 4 rumah rusak sedang, 2 rumah rusak ringan, dan 6 KK dari 18 jiwa terdampak.
Kemudian, di Wonosobo ada enam rumah di Kecamatan Kaliwiro yang dilaporkan rusak sedang akibat gempa Bantul dan 1 tempat ibadah rusak ringan.

Adapun, satu rumah di Salaman, Magelang, mengalami rusak ringan dan satu rumah di Desa Kaliabu, Salaman, rusak sedang. Di Tegal, satu warga dikabarkan mengalami luka ringan akibat gempa dan satu rumah rusak sedang di Pagedangan RT 024 dan RW 003.

Di Banyumas, satu rumaah dilaporkan rusak sedang dan satu rumah rusak berat. Di Banjarnegara, gempa di Bantul juga membuat dua rumah milik warga rusak ringan, sedangkan di Grobogan satu rumah mengalami kerusakan berat, sedangkan di Klaten satu rumah di Kecamatan Wedi dilaporkan rusak sedang dan satu rumah di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah (Jateng), mengalami rusak ringan akibat gempa Bantul.

"Hingga saat ini, selain melakukan penanganan kami masih melakukan koordinasi terkait kondisi di lapangan. Apakah ada tambahan laporan kerusakan atau tidak," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya