Kebakaran di Gunung Rinjani Padam, 205 Hektare Lahan Hangus

Kebakaran di jalur pendakian Gunung Rinjani, NTB.
Sumber :
  • Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) .

Lombok – Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memastikan kebakaran di Gunung Rinjani yang terjadi sejak Jumat, 4 Agustus 2023 berhasil dipadamkan. Dua jalur di Gunung Rinjani yaitu Aik Berik dan Tetabatu sebelumnya ditutup akibat kebakaran. 

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

Kepala Balai TNGR, Dedy Asriadi mengatakan, kebakaran tersebut menyebabkan 205 hektare lahan di Gunung Rinjani hangus terbakar. Dia mengatakan dua jalur pendakian terbakar dengan medan yang cukup sulit sehingga petugas kewalahan untuk menjinakkan api. 

"Kami mengalami kesulitan saat melakukan pemadaman di dua jalur pendakian tersebut," katanya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Daftar Lewat Partai Demokrat, Mantan Dubes Turki Lalu Iqbal Maju Pilgub NTB

Kebakaran di Gunung Rinjani

Photo :
  • VIVAnews / Satria Zulfikar (Mataram)

Tim pemadam melakukan sekat bakar untuk menghalau api menjalar lebih jauh lagi. Tim juga melakukan pemadaman seadanya di lokasi yang cukup sulit dijangkau. 

PKL Kecewa Pj Gubernur Mau Stop Gelaran MXGP di NTB

Saat melakukan penyisiran api di Puncak Sangkareang, petugas menemukan rombongan pendaki mancanegara. Mereka diminta untuk turun untuk memastikan keselamatan. 

"Ada tiga rombongan tamu mancanegara yang mendaki sebelum penutupan jalur. Mereka diarahkan turun karena lokasi masih rawan kebakaran," ujarnya. 

Petugas juga menemukan sepasang burung Rengganis mati akibat menghirup asap saat terjadi kebakaran. Dia menjelaskan, kebakaran tersebut menghanguskan pohon cemara hingga ilalang. 

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. Polisi saat ini masih melakukan olah tempat kejadian perkara untuk mencari tahu penyebab kebakaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya