Udara Tercemar, Pj Gubernur Banten Dipanggil Presiden Jokowi

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar
Sumber :
  • Pemprov Banten

Banten – Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana. Hal itu terkait kualitas udara buruk di Banten pada Sabtu, 12 Agustus 2023. 

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Jokowi meminta Al Muktabar segera menangani pencemaran lingkungan udara di Provinsi Banten. Sebab, sejumlah daerah di wilayahnya masuk dalam kategori buruk dan bisa menganggu kesehatan. Proses penanganan pencemaran udara harus dilakukan secara jangka pendek, menengah dan panjang.

"Dalam jangka panjang, kita mengusulkan kepada Bapak Presiden untuk kita memiliki transportasi berbasis MRT. Sedang proses kajian mendalam yang akan dikembangkan dari Kembangan menuju Balaraja," ujar Al Muktabar, Pj Gubernur Banten, Selasa, 15 Agustus 2023.

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Masker Polusi Udara

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Mantan Sekda Banten itu mengklaim, pihaknya terus melakukan pengendalian pencemaran udara dan lingkungan. Salah satunya membatasi penggunaan kendaraan bermotor dengan bahan bakar fosil.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Kemudian penggunaan kendaraan listrik masih dibahas oleh Pemprov Banten. Kendaraan listrik diklaim bisa menekan pencemaran udara karena tidak mengeluarkan asap kendaraan. 

"Kita juga sedang mentransformasi bergeser ke energi listrik. Berbagai formula kebijakannya sedang diupayakan. Transformasi energi listrik ini kita harap berpengaruh besar terhadap pengendalian lingkungan atau go green kita," katanya.

Al Muktabar memerintahkan industri yang ada di wilayahnya, untuk mengganti teknologinya dengan keluaran terbaru karena bisa menekan pencemaran udara dan lingkungan.

"Kita juga sudah mengajukan modifikasi cuaca untuk langkah cepat dalam mengurangi pencemaran udara," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa kualitas udara sejumlah daerah di Banten disebut buruk. Posisi teratas ditempati oleh Tangerang Selatan (Tangsel). Kondisi terburuk kedua yaitu Mempawah, Kalimantan Barat. Kemudian diikuti Kota Tangerang, Banten, lalu Kota Serang, Banten. 

Posisi kelima yaitu Palembang, Sumsel, berikutnya Bogor, Jawa Barat. Sementara, kondisi udara di Jakarta berada di nomor tujuh kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia.

Pada Sabtu, 12 Agustus 2023, tingkat polusi di Tangerang Selatan, wilayah yang dipimpin oleh Wali Kota Benyamin Davnie dan Wakilnya Pilar Saya Ichsan, berada di level 199 AQI US. Sedangkan di Ibu Kota Jakarta, kualitas udaranya berada di level 112 AQI US atau delapan kali di atas ambang WHO.

Berikut 5 besar kota dengan polusi tertinggi di RI berdasarkan IQAir:

1. Tangerang Selatan 199 AQI US

2. Mempawah, Kalimantan Barat 162 AQI US

3. Kota Tangerang, Banten 162 AQI US

4. Serang, Benten 156 AQI US

5. Palembang, Sumsel 154 AQI US

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya