Hadiri Muktamar Sufi Internasional, Jokowi: Tolak Fitnah dan Hoax

Presiden Jokowi usai Resmikan Muktamar Sufi Internasional,
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelaksanaan kegiatan Muktamar Sufi Internasional yang digelar di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sangat penting bagi Indonesia. Menurut dia, muktamar ini akan membuat Indonesia semakin dikenal sebagai contoh Islam moderat.

Ini Peran dan Kontribusi Bea Cukai Terhadap Penerimaan Negara dan Pengawasan Perdagangan

“Akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Inndonesia, dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan,” kata Jokowi dikutip dari Youtube World Sufi Assembly pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Presiden Jokowi berdoa bersama Mbah Moen dan Habib Luthfi beberapa waktu silam.

Photo :
  • istimewa
Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Selain itu, Jokowi menilai muktamar ini mempunyai arti yang sangat penting, membuktikan bahwa Islam Indonesia tidak lagi berada di pinggiran. Akan tetapi, kata dia, Indonesia punya peran yang sangat strategis, berkontribusi untuk membangun peradaban dunia yang damai dan harmonis. 

“Muktamar ini mengejawantahkan nilai-nilai luhur tasawuf, thoriqoh, mendekatkan tasawuf dan thoriqoh kepada negara masing-masing,” ujarnya.

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Tentu, Jokowi yakin nilai-nilai luhur budaya nusantara seperti saling menghargai, ramah tamah, sopan santun, guyub, dan kearifan-kearifan bangsa lainnya akan sepenuhnya mewarnai Muktamar Sufi Internasional yang mulia ini. 

“Mari kita terus merawat kerukunan, merawat toleransi, menolak ujaran kebencian, menolak fitnah dan hoax, terus berdzikir dan mendoakan persatuan dan keselamatan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” jelas dia.

Oleh karena itu, Jokowi mengharapkan muktamar ini akan menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia Islam, menuntun umat Islam ke arah perbaikan dan kebaikan, memberikan solusi di tengah krisis kemanusiaan yang saat ini sedang melanda dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya