Bakal Jadi Smart City, Ini Fasilitas Modern yang Akan Ada di IKN

Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara
Sumber :
  • ANTARA/HO-Kementerian PUPR.

VIVA Nasional – Ibu Kota Nusantara atau IKN dikabarkan akan menjadi kota pintar atau smart city yang akan ditopang dengan banyak teknologi maju dan canggih. 

Chery Siapkan Charging Station di Diler Secara Bertahap

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono “Ini kota masa depan, jadi city for tomorrow, kita bangun sampai 2045,” kata Bambang saat ditemui awak media di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, awal pekan ini. 

Berikut beberapa teknologi modern yang akan diterapkan di IKN:

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Reforestasi IKN.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.

MRT dan Kereta Cepat

Sukanto Tanoto Disiapkan Lahan Investasi di IKN, Initip Gurita Bisnisnya

Mass Rapid Transit atau MRT dan kereta cepat dikabarkan akan hadir di IKN untuk membantu sarana transportasi umum di sana. Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan telah menyepakati kerjasama tersebut, yang masuk ke pembangunan MRT Fase 4 di IKN. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat. "IKN (MRT) sudah pasti akan dibangun transportasi publiknya, apakah bentuknya itu nanti elevated, under ground, atau mode lain yang sifatnya transform, tapi pasti akan dibangun," ujarnya di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan, dilansir Jumat, 29 September 2023.

MRT Jakarta (Jakarta Metro Mass Rapid Transit)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Mobil Terbang

Transportasi modern lainnya yang akan ada di IKN adalah mobil terbang yang akan digunakan sebagai taksi. Sang penyedia, Hyundai Motor Group telah menandatangani kesepakatan dengan pihak pemerintah Indonesia. 

Kabar terbaru, taksi terbang bertenaga listrik itu ditargetkan 

beroperasi 22 tahun lagi di IKN yang berlokasi di Kalimantan Timur. Rencana tersebut disampaikan langsung Kepala Otoritas IKN (OIKN),  Bambang Susantono. "Ini kota masa depan, jadi city for tomorrow, kita bangun hingga 2045, maka jangan heran di 2045 ada taksi terbang di Nusantara," ujar Bambang kepada wartawan baru-baru ini, dikutip, Kamis 28 September 2023.

Melansir situs resmi Hyundai, taksi listrik purwarupa yang dapat mengudara layaknya drone berukuran besar itu diberi nama UAM S-A1. Memiliki 8 rotor dengan sayap sepanjang 15 meter, dengan dimensi badannya 10,7 meter.

Mobil terbang Terrafugia TF-X

Photo :
  • USA Today

Tol Bawah Laut

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menyatakan pembangunan terowongan bawah laut atau disebut juga immersed tunnel di IKN akan dimulai tahun depan. 

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, pembuatan desain teknis terinci (DED) tol bawah laut yang menjadi bagian dari Seksi 4 Jalan Tol Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN dilakukan tahun ini dan 2024. Adapun dalam perancangannya, pemerintah menggandeng konsultan atau pakar internasional. 

“Kita sekarang membuat desainnya, karena terowongan bawah laut merupakan hal yang baru,” ujar Hedy di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 9 September 2023. 

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dok. PUPR

Sistem Pertahanan Lebih Modern

Direktur Strategi TIK dan Bisnis Huawei Indonesia, Mohamad Rosidi, menjelaskan bahwa Huawei telah aktif mengeksplorasi teknologi inovatif yang berkaitan dengan smart city, yang dapat mendukung transformasi digital sistem pertahanan cerdas 5.0. 

“Sistem pertahanan cerdas merupakan salah satu bagian dari implementasi kota yang aman. Huawei telah berpengalaman menangani lebih dari 700 kota di lebih dari 100 negara dan wilayah. Oleh sebab itu, perencanaan dan implementasi sistem pertahanan cerdas dapat mengadopsi dan mengintegrasi pengalaman dari kota-kota lain di dunia,” kata Rosidi dalam Seminar Ketahanan Nasional ‘Pertahanan Cerdas 5.0 Ibu Kota Nusantara’ di Hotel Borobudur pada Mei lalu. 

Sistem pertahanan cerdas yang diharapkan adalah kemampuan dalam mendeteksi ancaman terhadap keamanan dan pertahanan negara, dengan berbagai data antarpihak, serta pengolahan informasi yang lebih akurat untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang efisien, cepat, dan terarah. 

Pengelolaan Limbah

Desain Sekretariat Presiden di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

Pemerintah bekerjasama dengan perusahaan asal Dubai, Alserkal Group - Envirol untuk pengolahan limbah di IKN. Hal ini diakui sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan smart dan green city di IKN nantinya.

Limbah yang akan ditangani oleh perusahaan di Uni Emirat Arab tersebut diantaranya, pemisahan limbah Fat, Oil and Grease (FOG), atau limbah makanan. Metode pembuangan limbah makanan seperti lemak dan limbah minyak goreng yang tepat, disebut mampu melestarikan infrastruktur lingkungan di ibu kota baru.

“Penetapan standar pengelolaan limbah FOG ini penting. Pengalaman Alserkal Group dalam mengelola dan mengimplementasikan proyek serupa dengan pemerintah PEA (Persatuan Uni Emirat Arab), diharapkan dapat diterapkan di Indonesia,” ungkap Anggota Board of Directors Alserkal Group, Maher Al Kaabi, pada Mei lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya