VIVAReplay 2023

Kaleidoskop 2023: Pecah, Bentrok Warga dan Aparat di Pulau Rempang

Kericuhan memanas buntut sengketa lahan di Pulau Rempang dan Galang, Batam
Sumber :
  • Ist

Batam - Bentrokan terjadi antara warga Rempang, Batam, Kepulauan Riau dengan aparat gabungan dari TNI, Polri, dan Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan (Ditpam BP) Batam, Kamis, 7 September 2023.  

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

Bentrokan tersebut terjadi di Desa Sembulang, Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, saat aparat melakukan pengukuran lahan untuk pengembangan kawasan Rempang Eco City.

Ketegangan antara warga dan aparat meningkat saat warga menolak pengukuran lahan. Warga khawatir akan direlokasi akibat pembangunan Rempang Eco City. Mereka juga menilai bahwa pembangunan tersebut tidak memperhatikan hak-hak masyarakat adat.

Dave Laksono: Bentrok TNI AL vs Brimob Polda Papua Barat Harus Diselidiki Sampai Tuntas

Bentrok aparat vs warga di Pulau Rempang

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Sekelompok masyarakat ini menghambat arus lalu lintas dan jalan warga masyarakat yang akan beraktivitas wilayah tersebut. Pokoknya yang bukan dari warga sana (di-sweeping) apalagi terhadap petugas, aparat negara dan sebagainya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Zahwani Pandra Arsyad, kepada wartawan, Jumat 8 September 2023.

Soal Bentrok TNI AL dengan Brimob di Pelabuhan Sorong, Kapolri: Sudah Berangkulan

Konfrontasi antara warga dan aparat memuncak saat aparat menembakkan gas air mata. Warga yang panik berlarian dan terjadi aksi dorong-mendorong. Beberapa siswa sekolah yang berada di dekat lokasi bentrokan juga mengalami gangguan pernapasan akibat menghirup gas air mata.

Aparat akhirnya berhasil membubarkan massa dan melakukan penangkapan terhadap sejumlah warga.

Namun, tiga hari kemudian terjadi bentrokan kembali. Massa aksi unjuk rasa menolak penggusuran warga di kawasan Rempang Batam berakhir ricuh. Aksi massa pecah itu terjadi di depan Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Senin, 11 September 2023.

Warga Pulau Rempang Gelar Upacara Tolak Bala

Photo :
  • tim tvOne

Dalam aksinya mereka menolak  pengembangan Kawasan Rempang Batam karena berakibat pada penggusuran warga adat setempat.

Dalam pandangan wartawan Antara di lokasi kejadian,  warga peserta aksi unjuk rasa yang awalnya melakukan aksi dengan damai, tiba-tiba ricuh dengan menghancurkan pagar.

Tidak hanya itu, lemparan batu, kayu, hingga bom molotov dilemparkan warga ke arah halaman kantor BP Batam. Gas air mata dan water canon juga sudah ditembakkan ke arah kerumunan aksi unjuk rasa oleh petugas.

43 Orang Tersangka

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit mengunjungi Gereja Katedral, Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Zendy Pradana

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa sebanyak 43 orang telah diamankan buntut dari kericuhan warga dengan aparat kepolisian di Pulau Rempang, Kepulauan Riau. 

Sigit mengatakan bahwa kericuhan tersebut dipicu oleh miskomunikasi antara warga dan aparat saat hendak melakukan pemasangan patok tanah di lokasi. Warga yang menolak pembangunan kawasan Rempang Eco City melakukan perlawanan terhadap aparat.

"Terkait dengan peristiwa tersebut mau tidak mau harus melakukan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana anarkis, kita amankan 43 orang yang saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik," ujar Sigit di Hotel The Tribrata, Jakarta Selatan pada Kamis, 14 September 2023.

Panglima TNI Yudo Margono Meminta Maaf atas Ucapan 'Piting' terhadap Warga Rempang

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu, 5 April 2023.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, menyampaikan permintaan maaf terkait pernyataan 'piting' yang disampaikannya kepada warga Rempang. Ia menyatakan bahwa mungkin masyarakat salah menafsirkan makna dari kata-katanya.

Permintaan maaf ini disampaikan oleh Yudo saat memimpin latihan bersama dengan pasukan dari 11 negara ASEAN di Dermaga Batu Ampar Batam pada Selasa, 19 September 2023.

"Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan permintaan maaf. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan kemarin yang mungkin membuat masyarakat salah paham dengan kata 'piting'. Saya tidak tahu karena bahasa saya adalah bahasa desa, di mana dulu waktu kecil sering bermain 'piting-pitingan' dengan teman-teman saya. Saya kira 'piting' lebih aman karena kita tidak memiliki alat," ujar Yudo.

Bahlil Setuju untuk Merelokasi Warga Terdampak Proyek di Kawasan Rempang

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Photo :
  • Antara

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan bahwa ada beberapa poin kesepakatan yang dibuat antara dirinya sebagai perwakilan pemerintah pusat dengan warga masyarakat Rempang yang diwakili oleh tokoh masyarakat dan tetua adat setempat.

Kesepakatan tersebut dibuat berdasarkan hasil pertemuan Bahlil dengan para tokoh masyarakat dan tetua adat Pulau Rempang di Pantai Melayu pada malam Minggu, 17 September 2023. Salah satunya, Bahlil setuju bahwa warga Rempang yang terdampak proyek investasi akan direlokasi tetapi masih di wilayah Rempang.

"Lokasi yang akan dipindahkan masih di dalam Rempang, sebelumnya rencananya di Galang. Keputusan awal memang di Galang, tapi malam tadi saya mendapat masukan untuk direlokasi di Rempang. Kenapa? Karena tetua adat bilang, 'Kampung kami ada di Rempang; kami boleh berpindah, tapi harus tetap di Rempang,'" kata Bahlil Lahadalia saat bertemu dengan warga Rempang pada hari Senin, 18 September 2023.

"Maka saya bilang, 'Oke,' dan saya akan mencari cara untuk mewujudkannya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya