Dikeroyok Tawon Vespa, 4 Ekor Kambing Milik Joni Tewas di Mojokerto

Petugas saat mengevakuasi sarang tawon vespa dan kondisi kambing yang tewas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

Mojokerto – Tragis benar nasib yang dialami empat ekor kambing di Desa Pohkecik, Kecamatan Dlangu, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Empat hewan ternak itu ditemukan mati. Saat ditemukan, keempat kambing itu dikerubungi tawon vespa.

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Penjabat sementara Kepala Kepolisian Sektor D lagu Inspektur Polisi Satu Muhammad Khoirul Umam menjelaskan, empat kambing nahas itu milik warga setempat bernama Joni Agustin. Peristiwa tragis terjadi pada Senin, 1 Januari 2024.

Menurut Iptu Umam, Joni menggembala empat kambingnya di pekarangan rumah sekitar pukul 15.30 WIB. Setelah memastikan hewan ternaknya aman di lokasi dengan rerumputan dedaunan melimpah, Joni kemudian pergi.

Tragis, Kru Asal Bangkalan Madura Jadi Korban Kapal Tanker Tenggelam di Perairan Jepang

Kambing

Photo :
  • Pexels

Tak lama kemudian, terdengar teriakan kambing bernada gusar. Joni yang penasaran segera mendatangi kambing-kambingnya. Namun, betapa terkejutnya Joni setelah melihat dua ekor kambing miliknya sudah terkapar dalam kondisi dikerubungi tawon vespa.

4 Fakta Meninggalnya Alifia Soeryo Mahasiswa Indonesia Tertimpa Pohon di Australia

Sementara, dua ekor kambing lainnya lari tunggang-langgang ke dekat kandang tak jauh dari lokasi. Joni nekat mengevakuasi dua kambingnya yang sudah tak sadarkan diri. "Tapi dia (Joni) juga tersengat (tawon vespa) di kepala," jelas Iptu Umam, Selasa, 2 Januari 2024.

Joni segera memasukkan keempat kambingnya itu ke dalam kandang. Nahas, dua ekor kambing miliknya diketahui tak bernyawa sekitar pukul 21.00 WIB. "Tadi pagi (2 Januari 2024) ditengok lagi sekitar pukul 05.00 WIB, meninggal lagi 2 ekor,” ungkap Umam. 

Tak ingin kejadian serupa terjadi, warga setempat selanjutnya inisiatif coba menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto. Warga meminta bantuan petugas agar mengevakuasi sarang tawon vespa yang menyerang kambing milik Joni.

Setelah dicari, ternyata sarang tawon vespa itu berada di semak-semak pekarangan korban. Sarang itu persis di sela-sela pohon bambu dan pisang. Sarang tawon yang cukup besar itu berhasil dievakuasi petugas.

"Kerugian (korban akibat 4 ekor kambingnya tewas disengat tawon vespa) Rp9 juta. (Keempat kambing nahas itu) Langsung dikubur," kata Umam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya