Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Tanggal 5 April

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta -- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperkirakan puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024 bakal terjadi pada 5 April 2024 mendatang.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

"Ya tadi kami sudah sampaikan sekitar tanggal 5 April 2024 (puncak arus mudik)," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis 7 Maret 2024.

Mantan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya itu mengatakan, Korlantas Polri telah mempersiapkan penanganan libur mudik sampai dengan arus balik. Berbagai rekayasa lalu lintas pun bakal diterapkan.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Ilustrasi mudik.

Photo :
  • Pixabay

"Sebagaimana disampaikan pak Kakorlantas, kebijakan rekayasa lalu lintas ini dituangkan tentunya juga pada SKB (surat keputusan bersama) dengan stakeholder terkait ada beberapa pola lalu lintas yang akan diberlakukan yakni sistem contra flow, one way dan pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga," katanya.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sebelumnya diberitakan, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan mengatakan jumlah pemudik Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran tahun ini diprediksi ada 136 juta orang.

"Itu ada di angka 136. 136,7 juta tepatnya. Ini perlu dikelola dengan baik," kata dia pada Selasa, 5 Maret 2024.

Kata dia, tahun lalu ada 123 juta orang yang mudik Lebaran. Tahun ini diprediksi ada kenaikan sekitar lima sampai dengan enam persen. Hal itu didapat dari hasil survei yang telah dilakukan pihaknya dengan stakeholder terkait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya