146 CCTV Akan 'Pelototi' Pelabuhan Merak saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Menuju Pelabuhan Bakuheni
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Serang)

Banten – Selama arus mudik dan balik Idul Fitri 2024, kondisi Pelabuhan Merak diawasi 146 CCTV yang dipasang PT ASDP Indonesia Ferry. Ratusan CCTV itu akan mengawasi kondisi kepadatan hingga tindak kejahatan di dalam pelabuhan.

Sebut Ada Rekaman CCTV Hotel, Nikita Mirzani Ingin Buktikan Arogansi Rizky Irmansyah

"Kita pasang CCTV demi keamanan kita, supaya memudahkan pengawasan. Sehingga kita di dalam pelabuhan kita pasang sekitar 146 CCTV," ujar Suharto, GM PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak, di kantornya, dikutip Kamis, 4 April 2024.

Ketujuh dermaga Pelabuhan Merak dioperasikan penuh selama arus mudik Idul Fitri 2024. Enam dermaga reguler dan satu eksekutif.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Kondisi Pelabuhan Merak H-1 Lebaran

Photo :
  • VIVA / Yandi Deslatama (Serang)

Khusus dermaga dua, kini sudah bisa disandari kapal besar di atas 10 ribu GT. Sehingga, saat puncak arus mudik nanti, kapal besar akan dioperasikan mengangkut para pemudik.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

"Kalau terjadi kepadatan di dalam pelabuhan, nanti dari BPTD akan mengerahkan kapal-kapal besar dan ketujuh-tujuh nya dermaga bisa sandar kapal besar, sehingga daya angkutnya bisa lebih cepat dan daya serap di parkiran lebih banyak," terangnya.

GM PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak mengingatkan masyarakat bahwa sudah ada pembagian angkutan arus mudik Idul Fitri 2024.

Ilustrasi kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak,

Photo :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

Sepeda motor diseberangkan melalui Pelabuhan Ciwandan. Kemudian mobil pribadi hingga bus, melewati Pelabuhan Merak. Selanjutnya truk besar, diangkut melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

"Sesuai SKB, tahun ini kita mengoperasikan tiga pelabuhan, Merak, Ciwandan dan BBJ," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya