Duet Maut PDIP-Gerindra Bisa Hasilkan Dua Gubernur

Cagub Maluku Irjen (Purn) Pol Murad Ismail-Barnabas Orno
Sumber :
  • ANTARAFOTO/izaac mulyawan

VIVA – Koalisi duet maut antara PDIP dengan Partai Gerindra ikut memeriahkan Pilkada serentak 2018 yang digelar di 17 Provinsi di Indonesia.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Dari catatan VIVA, ada sedikitnya lima provinsi yang mempertemukan partai besutan Megawati Soekarnoputri dan partai Prabowo Subianto itu untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Faktanya, dari lima provinsi, dua di di antaranya bisa menang. Dua daerah tersebut yakni Maluku dan Papua. Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno, unggul dari pesaingnya dalam real count KPU dan lembaga survei. Selain PDIP dan Gerindra, pasangan ini juga didukung partai lain seperti Nasdem, PKB, Hanura, PKPI, PPP, PAN

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Sementara pasangan Cagub dan Cawagub Papua, John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae juga menang dari calon lainnya versi real count KPU. Khusus di Papua ini, dua pasangan tersebut murni diusung PDIP dan Gerindra.

Hingga saat ini KPU masih melakukan penghitungan dan belum ada penetapan langsung.

Survei PSI: Elektabilitas Golkar Tertinggi, Ungguli PDIP

Selain itu, ada tiga provinsi lain yang turut didukung PDIP dan Gerindra, di antaranya Pilgub Jawa Timur yang menggusung pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, Pilgub NTB dengan Cagub dan Cawagub Ahyar Abduh-Mori Hanafi dan Sulawesi Tenggara yang mengusung pasangan Cagub-Cawagub Asrun-Hugua. Namun ketiga calon gubernur ini kalah.

Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023