Menanti Kejutan PDI Perjuangan di Puncak Peringatan Bulan Bung Karno

Puan Maharani saat menjawab pertanyaan wartawan di Klaten
Sumber :
  • tvOne/Agus Saptono

Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani memberikan kode akan adanya kejutan dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno pada Sabtu, 24 Juni 2023. Rencananya, puncak peringatan Bulan Bung Karno akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. 

Elite PDIP Sebut Ahok Diusulkan Maju Pilkada Sumut 2024

"Ya biasanya PDI Perjuangan itu kalau bikin kejutan itu enggak pakai tanda-tanda, tapi mendadak. Namanya kejutan ya begitu, jadi semoga tanggal 24 akan ada kejutan-kejutan yang indah, menggembirakan, kita semua merasa 'Wow gitu ya PDI Perjuangan'," kata Puan kepada wartawan, Sabtu, 24 Juni 2023. 

Pameran lukisan di Yogyakarta dalam rangka bulan Bung Karno

Photo :
  • Istimewa
Edy Rahmayadi Sudah Daftar Cagub ke Tujuh Parpol, PAN: Ada Rekam Jejak yang jadi Acuan Kita

Sementara itu, Puan mengklaim pihaknya telah mengundang seluruh struktural PDIP se-Indonesia, partai politik (parpol), hingga sahabat dari PDI Perjuangan yang memiliki kesamaan pandangan serta cita-cita. 

Sejauh ini, Puan mengatakan baru tiga partai politik (parpol) yang dikonfirmasi hadir pada puncak peringatan Bulan Bung Karno. Ketiga parpol itu antara lain, Perindo, PPP dan Hanura.

Puan Bilang Penyusunan RAPBN 2025 Berbasis RPJMN Prabowo-Gibran

"Yang saya ketahui PPP, sudah pasti insya Allah akan hadir. Perindo, insya Allah akan hadir, kemudian Hanura. Yang lain-lain, kami masih dalam konfirmasi, namun insyaallah besok sudah ada kepastian pihak-pihak yang akan hadir," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Komandan Satgas Nasional Cakra Buana, Letnan Jenderal (Purn) Ganip Warsito bersama Komandan Satgas Nasional Cakra Buana yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai, Komarudin Watubun, beserta para purnawirawan jendral meninjau langsung persiapan pasukan Cakra Buana dari seluruh Indonesia di Perkemahan Cibubur. 

Sebanyak 7.000 pasukan Cakra Buana dari Sabang hingga Merauke dengan serius mengikuti pembekalan menjelang Puncak Peringatan Bulan Bung Karno pada 24 Juni 2023, di Stadion Gelora Bung Karno. 

“Saya katakan ini tugas berat. Karena menjadi model itu menjadi contoh bagi yang lainnya. Nanti akan ada 120.000 pasang mata di dalam stadion Gelora Bung Karno yang melihat kita semuanya. Belum lagi ditambah dengan puluhan ribu yang di luar menyaksikan melalui layar-layar yang disiapkan dan juga disiarkan langsung televisi nasional,” kata Ganip dalam keterangannya, Kamis 22 Juni 2023.

Oleh karena itu, Ganip meminta kepada seluruh pasukan Cakra Buana yang berpartisipasi untuk bisa melaksanakan tugas tersebut dengan penuh keikhlasan dan dengan penuh ketulusan. 

“Tugas itu adalah kehormatan dan harga diri. Disiplin itu adalah ketaatan kepada peraturan, pada instruksi, yang kita laksanakan dengan keikhlasan. Jadi tanpa itu kita tidak akan bisa disiplin,” terang Ganip.

Ganip menjelaskan, motivasinya dan latihan yang diberikan pelatih tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada niat dan tekad yang dilandasai rasa tanggung jawab.

“Saya tidak ada apa-apanya, pelatih ini tidak ada apa-apanya, karena hanya mengantarkan saudara-saudara semua untuk melakukan tugas itu dengan sebaik-baiknya. Tetap kuncinya pada saudara-saudara semua,” jelasnya.

7.000 anggota Satgas Cakra Buana melakukan apel akbar

Photo :
  • Istimewa

Ganip menjelaskan, keterlibatan Satgas Cakra Buana dalam peringatan puncak Bulan Bung Karno merupakan sebuah terobosan. Oleh sebab itu, Ganip berharap Cakra Buana bisa menjadi role model dalam hal kedisiplinan.

“Ini merupakan satu terobosan, untuk membuat siapa yang melihat kita akan terkesima, siapa yang melihat kita akan bangga, lalu menaruh hormat pada kita. Sekali lagi, kita ingin mencari bentuk, tampilan yang membanggakan PDI Perjuangan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya