Fadli Zon Klaim Jokowi Lebih Dukung Prabowo Ketimbang Ganjar adalah Fakta

Menhan Prabowo Subianto (tengah) bertemu dengan Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi di Kebumen.
Sumber :
  • Twitter @ganjarpranowo

Jakarta - Elite Partai Gerindra merespons positif pemberitaan media asing asal Singapura Straitstimes soal Presiden Jokowi condong mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Laporan Straitstimes, Jokowi lebih dukung Prabowo ketimbang Ganjar Pranowo.

Sudaryono Jadi Pusat Perhatian saat Halalbihalal Pimpinan Parpol se-Jateng, Ada Apa?

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menilai Jokowi dan Fadli memiiki kedekatan sejak lama.  

“(Keduanya) sudah punya chemistry sejak lama sebenarnya,” kata Fadli kepada awak media, Jumat, 30 Juni 2023.

Dukungan Golkar kepada Ijeck untuk Pilkada Sumut tinggi tapi Keputusan Ada di Pusat, Kata Pakar

Bagi Fadli, pemberitaan Straitstimes itu sesuai dalam isu tersebut. Bagi dia, artikel Straitstimes berdasarkan fakta yang jelas.

“Menurut saya Straitstimes itu berdasarkan suatu fakta yang memang sangat jelas. Ya, bahwa memang Pak Prabowo itu adalah ketua umum partai. Sehingga beliau bisa langsung berhubungan dengan Pak Jokowi dalam hal ini gitu,” jelas Fadli.

TKN Bantah Rumor Prabowo Akan Tinggalkan Relawan Pendukungnya

Fadli Zon

Photo :
  • Twitter

Pun, dia mengingatkan saat Prabowo yang mendukung penuh Jokowi saat kontetasi Pilgub DKI Jakarta 2022. Tapi, dalam dinamikanya, Jokowi pernah jadi kompetitor di Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

“Tapi, kan tidak membuat hubungan pribadi mereka juga jelek gitu ya. Malah ia saling menghargai saling menghormati," ujar Anggota Komisi I DPR tersebut.

Fadli pun menyinggung upaya Prabowo gabung ke pemerintahan Jokowi dengan jadi Menteri Pertahanan.

"Terbukti ketika Pak Prabowo jadi Menteri Pertahanan mencairkan suasana dan iklim politik kita semakin kondusif ya,” ujarnya.

Maka itu, menurut dia, rasional jika dikatakan Jokowi lebih cenderung mendukung Prabowo di Pilpres 2024. Terlebih, jabatan Prabowo adalah Ketua Umum Partai Gerindra. Sementara, bakal capres Ganjar Pranowo hanya kader biasa di PDIP.

“Ya menurut saya sih cukup rasional ya. Karena hubungan-hubungan tadi itu. Pak Prabowo itu incharge di dalam Partai Gerinda sebagai ketua umum, dan beliau kan langsung dengan Pak Jokowi. Jadi, memang tanpa perantara gitu,” tutur eks Wakil Ketua DPR tersebut.

Sebelumnya, Media asal Singapura, Straitstimes, mengutip pernyataan pengamat politik Djayadi Hanan yang menganalisa kecenderungan dukungan Presiden Jokowi ke Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Menurut Djayadi, Prabowo lebih memberikan kenyamanan ke Jokowi dibanding Ganjar. Alasanya karena Prabowo statusnya Ketua Umum Partai Gerindra. Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hanya kader biasa di PDIP.

“Wajar jika Jokowi lebih nyaman memberikan dukungan untuk Prabowo. Ganjar hanya kader partai. Kalau mau komitmen sebagai imbalan atas bantuan yang diberikan, harus bicara dengan ketua partainya, Megawati,” kata Djayadi kepada Straitstimes, beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya