Harlah ke-25 di Solo, Momentum PKB Konsolidasi Akbar Jelang Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar syukuran hari lahir atau harlah ke-25 di Stadion Manahan Solo, Minggu, 23 Juli 2023. Syukuran harlah itu juga jadi momentum konsolidasi jelang Pemilu 2024.

Lepas Keberangkatan Calhaj Kloter 1 Embarkasi Solo, Wamenag Ingatkan Cuaca Panas di Tanah Suci

Partai politik yang dipimpin Muhaimin Iskandar atau Gus Imin alias Cak Imin ini bertekad sukses di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) serta Pemilu Legislatif (Pileg).

“Kami akan jadikan momentum syukuran harlah yang dihadiri semua simpul baik di jajaran syuro, tanfidziah, hingga kader di akar rumput untuk menyatukan tekad bekerja lebih keras untuk sukses PKB baik di pilpres maupun pileg,” kata Sekretaris Jenderal DPP PKB Hasanudin Wahid, dalam keterangannya, Jumat, 21 Juli 2023.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Rencananya, harlah PKB pada lusa nanti diproyeksikan akan diikuti sekitar 67 ribu kader. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah ketua umum parpol direncanakan hadir dalam acara tersebut. Pun, perayaan harlah di Solo juga menarik karena bukan basis tradisional PKB.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Hasan menyampaikan PKB punyai target jelas dalam Pemilu Serentak 2024. Di ajang pilpres, PKB bertekad mengantarkan Cak Imin sebagai kader terbaik sebagai capres.

Untuk Pileg 2024, PKB punya target ingin menembus 100 kursi di DPR RI, 500 kursi di DPRD Provinsi, dan 3.000 kursi di DPRD Kabupaten/Kota.

Menurut dia, target tersebut diikuti dengan implementasi kerja strategis dan taktis PKB yang saat ini jika dipresentasekan telah mencapai 60 persen.

"Maka sisa 40 persen akan kita genjot habis dengan penyatuan tekad dan kekuatan di momentum perayaan Harlah di Solo,” jelas Hasan.

Lebih lanjut, dia optimistis PKB bisa meraih target baik di ajang Pilpres maupun Pileg. Ia mengatakan demikian karena merujuk beberapa indikator seperti stabilnya elektabilitas PKB dalam berbagai hasil lembaga survei.

Begitupun menurutnya deklarasi dukungan terhadap Cak Imin agar maju sebagai kontestasi 2024 terus bermunculan di berbagai daerah.

“Indikator positif ini perlu kita jaga salah satunya dengan terus memanaskan mesin partai. Jadi, kalau kemarin jalannya masih gigi empat, maka pasca syukuran Harlah nanti bisa ngegas jadi gigi lima,” kata legislator asal Malang tersebut.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) bersama Sekjen PKB M Hasanuddin Wahid.

Photo :
  • PKB/Gigih

Dia menambahkan, ada beberapa agenda yang jadi pekerjaan rumah PKB. Pertama, bisa pastikan kelengkapan syarat pengajuan Cak Imin sebagai capres 2024. Lalu, kata dia, yang kedua bisa memperkuat kesolidan simpul-simpul struktur, relawan, hingga simpatisan PKB di akar rumput.

Kemudian, ketiga memastikan agenda unggulan Cak Imin seperti Dana Desa Rp5 miliar, harga BBM terjangkau, hingga rumah kerja Indonesia, bisa tersosialisasikan masif ke publik. Ia menyebut agenda-agenda tersebut jadi pekerjaan rumah PKB.

“Semoga setelah harlah termasuk adanya kehadiran Presiden Jokowi jadi bahan bakar bagi warga PKB untuk menuntaskannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya