Cak Imin: Kalau Saya Berhasil Berarti Memang Produk Gus Dur

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • ANTARA/HO-DPP PKB

Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin menjelaskan bahwa PKB itu masih tegak lurus dalam mengikuti ajaran dari KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Bahkan. Cak Imin mengaku bahwa dirinya juga sering ikut dengan Gus Dur di setiap event.

Cak Imin Akui Masih Bawa Misi Perubahan: Kalau Enggak Ada, Collaps Kita

Hal tersebut dikatakan Cak Imin ketika diberi kesempatan untuk berbicara di hadapan jemaah yang hadir di acara Haul Gus Dur ke-14 di Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat pada Jumat 4 Agustus 2023.

Cak Imin menjelaskan bahwa memang dirinya kerap mengikuti Gus Dur di setiap event. Maka dari itu, dia menjelaskan bahwa jika memang Cak Imin berhasil maka itu adalah produk Gus Dur.

Cak Imin Sebut Pembangunan selama Sepuluh Tahun Terakhir Terlampau Sentralisasi

"Saya ini termasuk asisten informal jadi saya diajak terus oleh Gus Dur di semua event, mulai dari ke NU, ke forum demokrasi, ke pemerintahan sampai tuntas lah, saya ini betul-betul kalau berhasil itu memang produk Gus Dur, kalau berhasil, tapi kalau gagal ya aslinya memang begitu kira-kira begitu, jadi mohon doanya semoga berhasil sesuai dengan cita-cita Gus Dur," ujar Cak Imin di acara Haul ke 14 Gus Dur di DPP PKB, Jumat.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • istimewa
PKB Niat Usung Ida Fauziyah di Pilkada DKI, tapi Masih Butuh 10 Kursi Parpol

Imin juga turut menyinggung keberhasilan Kiai Said Aqil Siroj dalam memimpin Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Kala itu, kata Imin, Said Aqil kerap dimarahi oleh Gus Dur. Namun, menurutnya, marahnya Gus Dur itu adalah sebuah wejangan yang benar-benar diberikan dan harus dijalani.

"Contoh produk Gus Dur itu Kiai Said Aqil Siroj itu produk Gus Dur jauh hari digebukin Gus Dur dimarahin Gus Dur, tapi sambil dikasih anu masa depan 'sampeyan nanti jadi ketua umum PBNU' sudah jauh hari itu sudah disiapkan oleh Gus Dur, jadi kira-kira Gus Dur pengin ngomong gini tapi gak langsung sampeyan tak gebuki sek sebelum jadi ketua umum PBNU kira-kira gitu," kata Imin.

Maka demikian, Cak Imin menjelaskan bahwa perjalanan bersama dengan Mantan Presiden RI keempat itu harus dimarahi lebih dulu agar kedepannya bisa mendapatkan jalan yang sesungguhnya.

"Perjuangan bersama Gus Dur adalah pernah digebuki gitu, selamat berjuang kawan-kawan semua, moga dan moga kita menjadi pewaris ajaran Gus Dur moga-moga PKB Istiqomah di jalan yang diwariskan oleh KH Abdurahman Wahid," tutur Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya