Demokrat Tak Setuju Cawapres Anies Diumumkan Last Minute, Jangan Latah Koalisi lain

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief mengaku tak setuju dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang menyatakan akan mengumumkan bakal cawapres Anies Baswedan mendekati waktu pendaftaran ke KPU RI, yakni pada 19 Oktober hingga 25 November 2023 atau selama 38 hari. 

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Menurut Andi Arief, Koalisi Perubahan untuk Persatuan tidak harus mencontoh partai politik (parpol) lainnya. Dia berharap calon pendamping Anies di pemilu 2024 segera diumumkan.

"Koalisi lain mungkin punya strategi cawapres last minute. Koalisi perubahan tidak harus demikian. Bisa keliru jika dua menit terakhir penentuan Cawapres. Partai Demokrat berbeda pendapat dengan Pak Surya Paloh," tulis Andi Arief dalam akun Twitter pribadinya @Andiarief_ pada Senin, 7 Agustus 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Andi lebih jauh mengingatkan Anies Baswedan agar segera menentukan sikap dalam memilih bakal cawapresnya. Sebab tiga parpol pengusung Anies telah menyerahkan penuh untuk hal itu. 

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

"Saatnya @aniesbaswedan mandiri dan tentukan sikap," kata Andi. 

Sebelumnya, Surya Paloh mengatakan bahwa pengumuman Bacawapres Anies Baswedan akan dilakukan di menit-menit akhir. Hal ini dikatakan Paloh saat diskusi dengan wartawan di Padang pada Minggu, 6 Agustus 2023.

“Ibarat pertandingan sepak bola Internasional seperti Piala Dunia yang kawan-kawan ikut, dua menit terakhir kita sudah gol, eh dia tendang gawangnya sendiri, kemenangan dua menit terakhir ini NasDem belajar dari itu,” kata Surya Paloh.

Meski begitu, Nasdem menjelaskan pengumuman itu bukan karena koalisi tidak solid. “Jadi bukan karena tidak ini solid, kalau ada yang nggak sabar, ya itu kita harus mengajarkan sabar,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya