Ganjar Dicap Rendahkan Profesi MC & Jurnalis, Relawan Saga: Tak Ada Maksud Itu

Ganjar Pranowo
Sumber :
  • X @ganjarpranowo

Jakarta - Bakal capres Ganjar Pranowo dinilai blunder karena dicap merendahkan profesi Master of Ceremony (MC) dan Jurnalis saat program Mata Najwa on Stage. Omongan Ganjar itu pun menuai polemik yang berujung kritik terhadap eks Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Jelang Hari Kebebasan Pers Sedunia, Gaza Berduka Atas Kematian 140 Jurnalis dalam Serangan Israel

Relawan pendukung Ganjar yang tergabung dalam Sahabat Ganjar atau Saga pun beri pembelaan. Dewan Penasihat Saga, Fahlesa Munabari mengatakan Ganjar tak ada unsur merendahkan dua profesi tersebut. Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar tak salah paham dan menyimak acara tersebut secara utuh.

Dia bilang Ganjar sering menjumpai banyak lulusan perguruan tinggi yang tak bekerja sesuai bidangnya.

Relawan Prabowo G-Nesia Banjir Dukungan Usai Pilpres, Diah Warih: Alhamdulillah

“Ungkapan dari pak Ganjar itu tidak ada maksud merendahkan profesi MC dan Jurnalis, coba kita tonton acaranya secara utuh," kata Fahlesa, dalam keterangannya, Jumat, 22 September 2023.

Dewan Penasihat Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari

Photo :
  • istimewa
TKN Bantah Rumor Prabowo Akan Tinggalkan Relawan Pendukungnya

Baca Juga: Geger Pernyataan Ganjar Dianggap Rendahkan Profesi MC dan Jurnalis, Najwa Shihab Buka Suara

Fahlesa menyampaikan maksud Ganjar untuk menjelaskan kepada generasi muda Indonesia atau tenaga kerja muda yang seharusnya sudah menimba ilmu dan pengalaman di suatu bidang ilmu di perguruan tinggi. 

"Namun, ada akhirnya terserap di bidang pekerjaan yang berbeda dengan bidang ilmu yang dipelajarinya di kampus,” jelas Fahlesa.

Menurutnya, Ganjar menyampaikan gagasan pentingnya bahwa pemerintah harus menyiapkan strategi yang tepat untuk generasi muda Indonesia. Hal tersebut mengindikasi bahwa tenaga kerja lokal Indonesia bisa berkarir dengan pekerja asing di dalam maupun di luar negeri.

“Pemerintah harus punya rancangan strategi untuk mempersiapkan tenaga kerja kita supaya dapat bersaing dengan pekerja asing di dalam dan luar negeri,” tutur Fahlesa.

Sementara, Juru Bicara Relawan Saga, Mahatir Muhammad  menambahkan figur Ganjar sudah mempersiapkan program-program untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menuju Indonesia Emas. Selain itu, kata dia, pendidikan mesti dinamis mengikuti perkembangan sesuai dengan kebutuhan dunia pekerjaan.

“Pak Ganjar sendiri sudah memiliki data-data tentang sektor industri manufaktur, hospitality, retail dan industri lainnya yang mengeluhkan keterampilan dari para tenaga kerja Indonesia," jelas Fahlesa. 

Menurut dia, SDM mesti diperhatikan dengan kemampuan siap bekerja dan skill yang sesuai dengan jurusan. 

"Maka dari itu pak Ganjar mengingatkan kepada generasi muda supaya dapat pekerjaan sesuai dengan kemampuannya yang dipelajari di perkuliahan, sehingga kita menjadi negara yang mandiri dan negara yang bekerja sendiri,” ujar Mahatir.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya