Baliho Prabowo di Depok Tanpa Jokowi, Pengamat: Pemilihnya Bukan Pendukung Jokowi

Gestur hormat bacapres Prabowo Subianto di depan cermin
Sumber :
  • instagram @prabowo

Jakarta – Baliho Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024, terpampang besar di jalan utama Kota Depok, Jalan Margonda Raya. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Terlihat baliho tersebut bertuliskan 'Saatnya Prabowo!!', dengan foto Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra berlatar putih dan berbaju putih. Sementara di bawahnya bertuliskan '2024 setiap bersama Prabowo'.

Baliho Prabowo sebagai capres tersebut, juga terlihat seperti menyapa masyarakat yang melintas di kawasan Margonda itu. Baliho lainnya juga ada Prabowo. Tetapi disandingkan dengan Erick Thohir. Baliho yang tersebar di beberapa titik Kota Depok itu bertuliskan 'Prabowo Erick' dan di bawahnya 'Pejuang Kemajuan Sepak Bola Indonesia'. Untuk diketahui, Erick adalah nama bakal cawapres yang diajukan PAN untuk berpasangan dengan Prabowo di pilpres.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Namun yang menarik, baliho tersebut tidak bersama Presiden Jokowi. Seperti beberapa baliho Prabowo di wilayah Jawa Tengah yang kerap bersama Jokowi.

Pengamat politik dari Ipsos Public Affairs, Arif Nurul Imam, mengatakan baliho dengan foto Prabowo saja di Depok, adalah suatu yang lumrah. Kenapa tidak bersama Jokowi seperti di beberapa daerah misalnya di Jawa Tengah? Arif mengatakan karena Depok adalah basis PKS, bukan pemilih Jokowi.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

"Depok adalah basis PKS karena itu Prabowo memasang foto tidak dengan Jokowi. Ini tentu relevan dengan kecenderungan mayoritas pemilih Depok yang bukan pendukung Jokowi," kata Arif, saat dihubungi, Selasa 26 September 2023.

Untuk diketahui, hasil Pilpres 2019 lalu di Kota Depok, Prabowo mengalahkan Jokowi. Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno meraup 618.527 suara. Sedangkan suara Jokowi yang berpasangan dengan KH Maruf Amin 464.472 suara. Jumlah ini berdasarkan hasul rekapitulasi KPUD Kota Depok.

Jelas Arif, bila daerah tersebut adalah mayoritas pendukung Jokowi, sudah pasti baliho yang dipasang ada gambar Prabowo dengan Jokowi. Menurutnya, ini adalah strategi untuk menggaet suara, dimana Prabowo yang saat ini menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, akan maju di Pilpres 2024. 

"Sementara itu, di daerah yang pendukung Jokowi besar foto Prabowo bersama Jokowi karena ingin menggaet suara pendukung Jokowi dalam Pilpres kemarin. Ini soal strategi komunikasi politik berbasis kondisi pemilih," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya