Surya Paloh Perintahkan Mentan Syahrul Yasin Limpo Segera Pulang ke Tanah Air

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memerintahkan kadernya yang juga Menteri Pertanian (MentanSyahrul Yasin Limpo (SYL) untuk segera pulang ke Tanah Air

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

"Perintah Ketua Umum segera kembali ke Tanah Air. Setelah kembali, Pak Mentan akan menghadap Ketua Umum dahulu," kata Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni kepada awak media, Selasa, 3 Oktober 2023.

Mentan Syahrul Yasin Limpo diketahui tengah melaksanakan kunjungan kerja ke Eropa, namun sempat dikabarkan 'menghilang'. Sahroni membantah rumor tersebut. Ia menegaskan Syahrul akan segera kembali ke Tanah Air.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

"Pak Mentan lagi ada giat lain yang memang sudah terjadwal. Tapi, Pak Mentan akan masuk Indonesia tanggal 5 Oktober," ungkapnya

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo telah rampung diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
May Day, Jokowi Gowes hingga Main Bola di Mataram NTB

Diketahui, KPK belum lama ini menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo terkait penyidikan kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian RI. Saat penggeledahan, Syahrul Yasin Limpo diketahui sedang kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri. 

"Kita lagi di Roma menuju konferensi pers FAO. Saya adalah bagian yang akan melakukan presentasi terhadap penanganan berbagai virus dan wabah yang terkait dengan peternakan," kata Syahrul Yasin Limpo seperti dikutip VIVA, Sabtu, 30 September 2023. 

Politikus Partai NasDem Teuku Taufiqulhadi juga membenarkan bahwa Syahrul Yasin Limpo saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Kunjungan kerja itu dalam rangka tugasnya sebagai Menteri Pertanian (Mentan) RI. "Pak Syahrul juga masih di Roma, konferensi pangan," ujar Taufiqulhadi dihubungi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Kementan

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan pihaknya saat ini kehilangan kabar atau lost contact dengan Mentan SYL usai dikabarkan jadi tersangka kasus dugaan korupsi. Menurut Harvick, pihaknya masih berupaya mencari keberadaan Mentan. Dia menyampaikan kabar terakhir SYL di Spanyol untuk kunjungan kerja. 

"Betul. Jadi, sampai hari ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," kata Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

Dari pihak Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM juga buka suara. Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim menjelaskan rute perlintasan Mentan SYL yang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri pada akhir September 2023. 

Menurut dia, SYL belum tercatat masuk ke Indonesia usai lakukan kunjungan ke luar negeri. Dia menuturkan, sesuai data perlintasan dan kerja sama antarnegara tercatat bahwa SYL berada di Roma. 

Sementara, kata dia, Syahrul berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk kunjungan kerja ke luar negeri itu pada 24 September 2023. “24 September berangkat ya. Itu kan meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya