Denny JA Sebut 3 Gerbong Suara Berpotensi Dibawa Gibran Bila Jadi Cawapres Prabowo

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta- Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan, ada tiga klasifikasi gerbong suara yang kemungkinan dibawa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka jika ikut kontestasi Pilpres 2024.

Demokrat Sebut Ide Bentuk Presidential Club Ide Prabowo Sejalan Harapan SBY

Dia mengungkapkan, salah satunya suara dari Jawa Tengah (Jateng). "Pertama adalah gerbong suara dari Jawa Tengah. Indonesia terdiri dari 38 provinsi namun hanya Jateng saja, total populasi di sana sekitar 13,39-16 persen. Prosentase itu tergantung cara menghitungnya, dari basis populasi umum atau basis daftar pemilih tetap," kata Denny JA melalui keterangan tertulisnya diterima awak media, Selasa, 17 Oktober 2023.

Menurut Denny, satu provinsi dengan populasi 13,39-16 persen dari total penduduk Indonesia itu sangat besar. Terutama, suara Ganjar sangat dominan di Jateng mengalahkan calon presiden (capres) Prabowo Subianto di atas 20 persen.

Prabowo Belum Pernah Bicara Kabinet, Kata Petinggi Gerindra

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming merespons putusan MK tolak batas usia capres

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Karena itu, menurut dia, kehadiran Gibran sebagai cawapres Prabowo bakal memperkecil margin elektoral antara Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto.

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

"Walaupun Ganjar secara nasional masih kalah dengan Prabowo jika head to head. Namun jika dominasi Ganjar di Jawa Tengah bisa dikurangi, dengan sendirinya total suara Ganjar di seluruh Indonesia akan jauh berkurang," kata Denny JA.

Ia melanjutkan, untuk klasifikasi kedua yakni gerbong suara pemilih generasi millenial. Istilah milenial itu merujuk pada orang yang lahir setelah tahun 1982 dan saat ini berusia di bawah 41 tahun.

Denny menjelaskan, berdasarkan survei pihaknya pada September 2023, total jumlah segmen milenial sebanyak 48,5 persen. “Gibran satu-satunya wakil dari generasi milenial yang ikut dalam pasangan capres-cawapres 2024," kata Denny JA.

Denny JA menambahkan, Gibran sangat potensial mengambil suara kalangan milenial yang jumlahnya hampir setengah dari populasi. Menurutnya, para politisi, pengusaha, dan profesional muda potensial digerakkan untuk menjadikan Gibran sebagai lokomotif gerbong kaum milenial.

Kemudian, gerbong ketiga, adalah pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meskipun, Jokowi tidak mengatakan secara eksplisit siapa capres yang didukungnya.

"Tapi dengan datangnya Gibran sebagai cawapres Prabowo, dengan sendirinya itu memberikan sinyal bahwa Jokowi berada di belakang Prabowo. Jumlah populasi, mereka yang puas dengan Jokowi, sebanyak 70-80 persen," kata Denny JA.

Di sisi lain, Denny JA mengakui memang ada pemilih dari Prabowo jika Menteri Pertahanan itu mengambil Gibran sebagai cawapres, yakni kalangan terpelajar dengan berbagai alasan. Namun, jumlah kalangan terpelajar itu dalam populasi pemilih Indonesia kurang dari 10 persen.

"Namun apabila dijumlahkan, masih lebih banyak pemilih yang datang daripada yang pergi jika Prabowo mengambil Gibran sebagai calon wakil presiden," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya