Oso Sebut Pemilihan Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Atas Keputusan Bersama

Tangkapan layar Menko Polhukam Mahfud MD (tengah), Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan Wakil Ketum Hanura Benny Rhamdani (kiri) berfoto di sela pertemuan di kediaman OSO, Jakarta, Selasa malam, 17 Oktober 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Jakarta – Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (Oso) menegaskan bahwa pemilihan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo sudah disepakati oleh semua partai politik (parpol) pendukung Ganjar.

Pilpres Usai, Mahfud: Perjuangan Belum Berhenti

"Tanggapan saya, itu adalah keputusan yang telah diputuskan oleh partai politik yang bergabung dengan PDIP. Apa yang disampaikan oleh Ibu Mega itu adalah sudah disepakati bersama," kata Oso di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu, 18 Oktober 2023.

Oso juga menepis asumsi jika ada penolakan atau tidak kesepahaman antar partai politik pengusung Ganjar terkait pemilihan Mahfud MD sebagai bakal cawapres.

Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

"Sama sekali tidak ada gejolak. Yang ada hanyalah itulah membara di dalam diri kita untuk memenangkan Ganjar dan Mahfud MD," kata dia.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jawaban Santai Presiden PKS Usai Ditolak oleh Partai Gelora Gabung ke Prabowo-Gibran

Ketua Umum Partai Hanura ini pun menjelaskan Ganjar dan Mahfud memiliki keterpilihan masing-masing. Sebab, keduanya dianggap sosok penting untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Jadi, tidak ada pertimbangan-pertimbangan penting lagi karena kita sudah memilih calon presiden dan calon wakil presiden, maka dua-dua itulah adalah tokoh yang ditokohkan untuk memenangkan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia," ujar Oso.

Kendati demikian, dia enggan berkomentar saat ditanya tentang sosok Mahfud MD. Ia mengatakan, penilaian sudah dilakukan terlebih dulu oleh masyarakat.

"Jadi bukan kami yang menilai, tapi rakyat sudah menilai sosok Mahfud MD dan Ganjar Pranowo.  Kami tinggal melaksanakan tugas-tugas kemenangan dan bagaimana mengajak bangsa Indonesia untuk makmur dan memakmurkan daerah daerah. Optimis, siap terima kasih," katanya.

Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo pada Rabu, 18 Oktober 2023. Keputusan Megawati ini diumumkan tak lama setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan soal batas usia capres-cawapres.

Pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar, dilakukan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang berada di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu hadir juga sejumlah elite PDIP dan sejumlah Ketua Umum Partai Pendukung Ganjar Pranowo.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar pranowo, adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," kata Megawati, di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Penunjukan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar, dipastikan tidak dilakukan secara asal. Megawati memiliki berbagai pertimbangan mengapa menjatuhkan pilihan pada Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar.

“Saya mencermati seriusnya persoalan akibat liberalisasi politik dan perekonomian kita, yang akhirnya berdampak pada meningkatnya kasus korupsi, dengan berbagai persoalan tersebut saya pikirkan dengan seksama sebagai latar belakang,” ujar Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya