RSPAD Gatot Subroto Libatkan 50 Orang Dokter untuk Cek Kesehatan Capres-cawapres 2024

Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Budi Sulistya
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Budi Sulistya mengatakan pihaknya melibatkan sebanyak 50 dokter untuk melakukan tes kesehatan kepada bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden. Puluhan orang tersebut disiapkan untuk dokter yang langsung terlibat maupun tidak terlibat, tapi masih dalam struktur panitia tim kesehatan.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

Diketahui, RSPAD Gatot Subroto menggelar tes kesehatan yang pertama kali yakni pasangan Anies Baswedan dan Muhaimim Iskandar alias Cak Imin. Keduanya tes kesehatan pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

"Kurang lebih sekitar 50 orang dokter baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan," ujar Budi di RSPAD Gatot Subroto.

Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Tim Dokter RSPAD Gatot Subroto untuk Tes Kesehatan Capres-Cawapres 2024

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Menurut dia, kalau tes kesehatan itu bakal berlangsung selama kurang lebih 10 jam. Dia menuturkan hal itu bisa terjadi bagaimana pasien mengikuti aturan yang ada saja.

Baliho Rektor UMT Maju Pilkada Kota Tangerang Dirusak OTK, Relawan Geram

"Bakal capres dan bakal cawapres harus sehat jasmani, sehat rohani dan bebas dari narkoba. Adapun tim dokter yang melakukan pemeriksaan, kami selain dari RSPAD juga dari kolegium terkait, dalam hal ini kami sudah bersurat kepada Menkes dan telah memperoleh jawaban dari semua kolegium yang diperlukan untuk menjadi tim pemeriksa pada hari ini," tegas dia.

Upaya tes kesehatan dilakukan untuk penuhi kepercayaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dimana, yang telah percaya ke RSPAD sebagai lokasi tes kesehatan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden.

"Kami sampaikan bahwa RSPAD Gatot Subroto siap untuk melaksanakan mandat dari KPU RI untuk menyelenggarakan pemeriksaaan bakal capres dan cawapres untuk Pemilihan Umum tahun 2024," ucap dia.

Sebelumnya, Anies Baswedan dan Muhamin Iskandar alias Cak Imin mengaku sempat berpuasa lebih dulu sebelum melakukan pengecekan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Tes kesehatan ini dilakukan guna penuhi persyaratan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilu 2024.

Cak Imin mengaku sudah mempersiapkan semuanya. Bahkan, dia sudah berpuasa lebih dulu sebelum melakukan tes.

"Dari tadi malam puasa. Alhamdulillah saya ngisi form semua, kesiapan semuanya secara khusus tidak ada yang dikhawatirkan. Kan ada pengisian soal obat-obatan, keluhan, semuanya is okay. Mudah-mudahan berjalan lancar,” kata Cak Imin.

Cak Imin juga mengaku tidak mengeluhkan adanya sakit sebelum tes kesehatan. "Tidak ada keluhan sakit," kata dia.

Sementara itu, Anies Baswedan juga mengaku sudah puasa sejak Jumat malam. Dia juga sudah siap melakukan tes kesehatan. "Sudah ya sudah siap. Dari jam 8 malam," ujar Anies Baswedan di lokasi.

Diketahui, bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Anies-Muhaimin dan rombongan partai politik koalisi perubahan tiba di kantor KPU RI sekitar pukul 10.13 WIB. Anies-Muhaimin secara simbolis menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di ruangan utama Kantor KPU RI. 

"Kami menyampaikan terima kasih apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu, yang telah berkenan untuk menerima kami pagi hari ini sesuai dengan apa yang kami harapkan untuk bisa mendaftar di hari pertama," kata Anies dalam sambutannya di Kantor KPU.

Selain itu, Anies mengaku bersyukur karena telah diberikan arahan secara khusus oleh KPU untuk menyiapkan seluruh persyaratan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Sehingga, pasangan Anies dan Cak Imin bisa mendaftarkan diri ke KPU pada hari ini.

"Kami menyampaikan rasa syukur Alhamdulillah, bahwa selama beberapa waktu ini komunikasi arahan dari KPU, khususnya kepada kita semua yang berkerja menyiapkan seluruh persyaratan berjalan dengan amat baik. Kami benar-benar menyampaikan terima kasih telah diberikan bimbingan, sehingga pagi hari ini bisa membawa dukungan itu dengan lengkap," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya