KSAD Agus Subiyanto: Konflik di Papua Tak Akan Selesai jika Hanya Pakai Senjata

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto
Sumber :
  • Antara

Jakarta - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Agus Subiyanto mengatakan masalah keamanan di Papua harusnya tidak terbatas pada peran dan tanggung jawab TNI dan Polri melainkan mesti dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Pertemuan JMC RI-Papua Nugini, Dirjen Adwil Kemendagri: Tingkatkan Kerja Sama di Perbatasan

“Di sana (Papua) kalau hanya menggunakan senjata itu tidak akan selesai. Mungkin kesejahteraannya akan kita tingkatkan, tapi keamanannya tetap terjaga,” kata Agus usai pelantikan sebagai KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023.

Agus juga mengaku telah membahas masalah Papua dengan Presiden Jokowi tadi di Istana Negara. Dia menyebut perlunya kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain dalam menyelesaikan konflik di Papua.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

Merujuk data Institute for Policy and Analysis of Conflict pada tahun 2022 bahwa sepanjang 2010-2017, sebanyak 53 warga sipil tewas akibat konflik antara TNI/Polri dan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat. Sementara pada 2018-2021, jumlahnya meningkat jadi 125 orang.

TNI-Polri Berhasil Tangkap Anggota KKB Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide

KKB bakar pasar di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Di sisi lain, Lembaga Ketahanan Nasional menguak jumlah aksi kekerasan di Papua cenderung meningkat pada masa pemerintahan Presiden Jokowi serta tak ada korelasi antara indikator ekonomi-sosial dan aksi kekerasan.

Workshop di Timika

Meningkatkan Literasi Digital di Wilayah Timur, Langkah Menuju Pendidikan Merata

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong pelaksanaan workshop daring yang berfokus pada pelatihan Literasi Digital di sektor pendidikan.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024