Ikuti Wejangan Gus Dur, Forum Ulama dan Santri Dukung Prabowo di 2024

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Koordinator Forum Ulama dan Santri Indonesia (FUSI), Gus Syaifuddin merespon dukungan Yenny Wahid terhadap pasangan Ganjar-Mahfud. Gus Syaifuddin menyatakan bahwa dukungan Yenny Wahid adalah dukungan pribadi.

Kata Anies soal Heboh Tawaran Jadi Menteri Prabowo: Masih Lama Proses Kabinet

Dia juga mengatakan, bahwa dukungan Ulama dan Santri yang tergabung dalam Forum Ulama dan Santri Indonesia (FUSI), lebih memilih mendukung Prabowo sebagai Presiden di 2024. Sehingga dia menegaskan bahwa dukungan Yenny Wahid itu bukan manifestasi dari dukungan santri dan kader-kader Gus Dur.

“Gus Dur sendiri yang pernah menyebut Nama Pak Prabowo suatu saat akan menjadi Presiden Indonesia, Gus Dur juga yang menyebut Prabowo Subianto adalah orang yang paling Ikhlas kepada rakyat Indonesia. Buat saya ya secara pemikiran, Pak Prabowo ini yang cocok dengan pemikiran dan nilai-nilai dasar yang diwariskan oleh Gus Dur,” kata Gus Syaifuddin, Minggu 29 Oktober 2023.

Dukungan Golkar kepada Ijeck untuk Pilkada Sumut tinggi tapi Keputusan Ada di Pusat, Kata Pakar

Gus Dur

Photo :
  • vstory

Gus Syaifuddin berpesan kepada sesama Santri dan Pewaris Pemikiran Gus Dur agar memilih calon presiden sesuai nilai-nilai yang diajarkan dan diwariskan oleh pemikiran Gus Dur. Yaitu harus terkandung nilai-nilai demokrasi, pluralisme, toleransi, dan nilai-nilai kemanusiaan dari visi-misi yang dibawakan oleh Capres dan Cawapres.

Indef Ungkap Tantangan Ekonomi yang Bakal Hantui Kabinet Prabowo-Gibran

Menurutnya, dukungan politik Yenny Wahid terhadap Ganjar-Mahfud adalah hal wajar dari proses demokrasi. Dia juga mengatakan bahwa apanyang menjadi pilihan Yenny Wahid itu harus dihormati.

Yenny Wahid dukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Sebab, setiap individu memiliki hak untuk mendukung kandidat yang mereka yakini mewakili visi dan nilai-nilai mereka. Tentunya ini adalah hal yang umum dalam dunia politik dan dapat mencerminkan keragaman pandangan di dalam masyarakat.

“Kalau Mbak Yenny mau dukung Ganjar-Mahfud ya monggo, namun ya harus diingat kalau di koalisi Ganjar-Mahfud ada Bu Megawati, yang riwayatnya pernah terlibat dalam upaya menjatuhkan Gus Dur,"ujar Gus Syaifuddin.

"Apa iya tho Kita sebagai murid akan satu barisan dengan orang yang dulu menjatuhkan guru Kita? Jadi mohon maaf, FUSI tetap dukung Prabowo-Gibran,” tambahnya sambil bercanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya