Angka Pemilih Bimbang Tinggi, Peta Elektoral di Pulau Jawa Dinilai Masih Kompetitif

Tiga Paslon Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis temuan survei terbaru. Kali ini survei digelar di Pulau Jawa (Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur). Survei yang digelar pada 28 November-5 Desember 2023 itu menyebutkan bahwa peta elektoral pasangan capres-cawapres 2024 di Pulau Jawa masih kompetitif. 

Luhut Sarankan Prabowo Beli Kapal Riset dengan Peralatan Canggih

“Terkait elektabilitas 3 pasangan capres-cawapres 2024, berikut ini urutannya: Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (34,2%), Ganjar Pranowo-Mahfud MD (30,7%), dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (26,3%), sementara yang tidak tahu/tidak jawab 8,7%,” tutur Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, dalam paparan rilisnya, yang dikutip Selasa, 12 Desember 2023. 

Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2024

Photo :
  • VIVA
Approval rating Jokowi tembus 77%, Ini Faktor Pemicunya Versi Polling Institute

Ali Rif’an menjelaskan bahwa peta elektoral masih dinamis lantaran dua hal. Pertama, antara satu paslon dengan paslon lainnya jarak intervalnya tidak terlalu jauh, alias masih pada rentang margin of error (MoE). Kedua, yang belum menentukan pilihan (undecided voters) dan yang mengatakan masih dapat berubah (swing voters) masih tinggi. 

“Paling tidak ada dua alasan mengapa peta elektoral di Pulau Jawa masih dinamis. Pertama karena antara satu paslon dengan paslon lainnya jarak intervalnya tidak terlalu jauh. Kedua  undecided voters masih 8,7%, dan swing voters masing sangat tinggi 44,0%,” jelas Ali Rif’an.

KPU Sebut Jumlah Pemilih per TPS di Pilkada 2024 Maksimal 600 Orang

Menurut Ali Rif’an, ke depan pergeseran elektabilitas akan sangat dipengaruhi oleh program kerja kandidat. Hal itu mengingat dalam temuan survei, program kerja dinilai publik menjadi variabel yang sangat mempengaruhi pilihan pemilih

“Terkait faktor yang paling berpengaruh dalam memilih presiden, berikut ini adalah lima besarnya: program kerja (30,7%) dinilai publik paling mempengaruhi, disusul kemudian berkarakter jujur dan dapat dipercaya (19,5%), berpengalaman di pemerintahan (10,6%), cerdas (8,0%), dan peduli dengan rakyat (7,9%),” terang Ali Rif’an.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebagai informasi, survei bertema “Peta Elektoral Pilpres 2024 di Pulau Jawa” ini dilakukan secara tatap muka di Pulau Jawa dengan metode penarikan sampel multistage random sampling. Jumlah sampel 1200 responden, margin of error (MoE) adalah +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya