Gibran Sebut Pembangunan IKN Tak Andalakan APBN, Mahfud MD Pertanyakan Investornya Mana: Coba Sebut!

Cawapres Mahfud MD.
Sumber :
  • Rahmat Fatahillah Ilham/VIVA.

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengaku tergelitik dengan pernyataan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait anggaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Gibran menyebut anggaran pembangunan tidak sepenuhnya menggunakan APBN hanya 20 persen. 

Airlangga Sebut Ekonomi Indonesia Masih Untung Meski Masalah Geopolitik Berkecamuk

Mahfud pun mempertanyakan, hingga saat ini investor mana yang sudah masuk untuk membiayai proyek di IKN. Hal itu disampaikannya dalam debat cawapres yang salah satunya bertema investasi.

“Mas Gibran saya tertarik IKN itu bagus sebagai warisan pak Jokowi, Anggaran IKN cuma 20 persen sisanya investor, sejauh yang saya baca belum ada investor yang ada di sana. Coba sebut?,” ujar Mahfud, di Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

Ganjar-Mahfud.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Mahfud pun menyayangkan, meski belum adan investasi yang masuk tapi sudah terjadi pengkavling-kavlingan tanah di IKN saat ini. Hal tersebut harus menjadi perhatian.

Zulhas: Katanya PAN Cuma Bisa Joget, Eh yang Menang Capresnya Gemoy dan Bisa Joget

“Tapi ratusan ribu tanah sudah dikuasai pengusaha tertentu,” tegasnya.

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking RSUP di IKN Nusantara

Photo :
  • Istimewa

Meski demikian dia pun memastikan proyek IKN akan terus dilanjutkan dengan sejumlah perbaikan. “Memang diperlukan langkah-langkah perbaikan agar warisan baik dari presiden Jokowi ini bisa kita teruskan,” tegasnya.

Diketahui, KPU RI kembali menggelar debat dalam rangkaian proses tahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. Kini, KPU menggelar debat perdana untuk calon wakil presiden di JCC Senayan, Jakarta.

Adapun, calon wakil presiden yang akan mengikuti debat yaitu Muhaimun Iskandar (Cak Imin, nomor urut 1; Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden nomor urut 2; dan Mahfud MD calon wakil presiden nomor urut 3.

Sementara, tema yang akan dibahas dalam debat malam ini yaitu ekonomi meliputi ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya