Prabowo: Sebaiknya Pak Anies Belajar Ekonomi Lagi

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, dalam forum debat calon presiden di Jakarta, Minggu malam, 7 Desember 2024, mencibir pendapat lawannya calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan tentang ambang batas tertinggi 30 persen bagi utang luar negeri Indonesia.

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Prabowo awalnya menjelaskan bahwa utang luar negeri Indonesia sejauh ini masih terkendali, yakni 40 persen dari produk domestik bruto (PDB). Angka itu, katanya, salah satu terendah di dunia, yang semestinya diapresiasi karena banyak negara lain rasio utang luar negerinya di atas 40 persen dari PDB.

Anies lantas mengoreksi pendapat Prabowo bahwa semestinya ambang batas tertinggi utang luar negeri Indonesia 20 persen dari PDB.

Prabowo Terima Kunjungan Menhan Malaysia Bahas Kerja Sama Bidang Pertahanan

Anies Baswedan Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sebaiknya Pak Anies belajar ekonomi lagi. Kalau 30 persen, dasarnya apa. [ambang batas] 40 persen salah satu terendah sekarang. Yang penting utang luar negeri untuk kegiatan produktif--setuju. Tapi kalau sampai 50 persen, tidak ada masalah. Kita tidak pernah defaultĀ (gagal bayar utang)," katanya.

Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

"Saya keliling seluruh dunia, mereka sangat hormat dengan Indonesia; kita tidak pernah gagal utang dan saya sangat optimis," Prabowo menambahkan.

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia kembali mengingatkan bahwa Indonesia harus memiliki kekuatan pertahanan yang kuat agar negara ini tidak bisa diintervensi dan diintimidasi. Hanya dengan itu bangsa Indonesia akan dihormati negara-negara lain.

Debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya