Quick Count Charta Politika Sulut: Partai Demokrat 26,68%, 'Segel' 2 kursi DPR RI

SBY, Prabowo dan AHY saat kampanye nasional Partai Demokrat.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Partai Demokrat berhasil menyegel dua kursi DPR RI di wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Hal tersebut berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei Charta Politika terkait Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. 

KPK Geledah Ruang Kerja Sekjen DPR RI, Ada Apa?

Dalam data tersebut menunjukkan Partai Demokrat memperoleh persentase suara 26,68 persen.

Dari hasil quick count sementara ini maka Partai Demokrat pimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono ini 'segel' 2 nama anggota legislatif terpilih untuk duduk di kursi DPR RI 2024.

Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi

Sementara itu, hasil penghitungan cepat atau quick count KPU pada Sabtu, 17 Februari 2024 caleg DPR RI Partai Demokrat Sulawesi Utara nomor urut 1 Hillary Brigitta Lasut unggul jauh dari seluruh caleg lainnya.

Pidato Politik Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Politisi Demokrat Debby Kurniawan Daftar Jadi Bacabup Lamongan ke PKB, Ini Alasannya

Data KPU dalam perhitungan sementara suara caleg DPR RI Sulawesi Utara, Hillary Brigitta Lasut hingga pukul 11.15 WIB  telah meraup 100.173 suara. 

Meski perhitungan masih berlanjut namun suara putri tunggal Bupati Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Elly Engelbert Lasut, ini semakin berlari meninggalkan caleg PDIP Rio AJ Dondokambey dengan perolehan 67.221 suara. 

Hasil quick count lembaga survei ini juga masih belum hasil final Pemilu 2024. Sebab hasil perhitungan suara yang resmi akan disampaikan langsung oleh KPU.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terus memperbaharui hasil penghitungan sementara rekapitulasi suara (real count) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Hasil terbaru pada Sabtu, 17 Februari 2024 per pukul 08.30 WIB, PDI Perjuangan (PDIP) masih unggul dengan perolehan 16,46 persen suara.

Sementara itu, Partai Golkar menempati posisi kedua dengan 14,58 persen suara menyalip Partai Gerindra dengan 12,69 persen di urutan ketiga. 

Kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyusul dengan 10,85 persen suara. Partai Nasdem di urutan kelima dengan 9,09 persen suara.

Adapun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 7,59 persen suara. Kemudian, Partai Demokrat dengan 7,45 persen serta PAN 6,84 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya