Ini Dia Alat Musik Tradisional Jawa Barat Masyarakat Sunda

Angklung di Museum Multikultural di Korea Selatan .
Angklung di Museum Multikultural di Korea Selatan .
Sumber :
  • Dokumentasi KBRI Seoul

VIVA – Alat musik tradisional Jawa Barat mempunyai ciri khas yang unik dan suara merdu khas budaya Sunda. Tembang Sunda dikenal dengan syair dan lagu yang indah. Lagu dinyanyikan dengan diikuti oleh alat musik tradisional yang warisan budaya sejak zaman kerajaan.

Salah satu yang sering dimainkan bahkan mendunia adalah angklung. Berikut ini adalah alat musik tradisional Jawa Barat (Jabar), beberapa di antaranya adalah Angklung, Arumba, Calung, Celempung, Karinding, dan beberapa lainnya.

1. Angklung

Angklung adalah alat musik bernada ganda yang diperahankan dalam masyarakat Sunda, Provinsi Jawa Barat.  Alat musik terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara digoyangkan, sehingga menghasilkan bunyi dari benturan pipa bambu. Dari getaran bambu menghasilkan susunan nada 2, 3, sampai 4 nada.

Pembuatan alat musik Angklung dengan memotong bambu berbentuk pipa-pipa yang dipotong ujung-ujungnya. Lalu membentuk organ dan diikat dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi. Sejak tahun 2010, angklung sudah menjadi Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi yang dicatat oleh UNESCO.

SUMBER ASLI