Pemain Timnas Kanada Mogok Main karena Hak Komersial

Pembatalan uji coba Timnas Kanada melawan Panama
Sumber :
  • Darryl Dyck/The Canadian Press via AP

VIVA – Pemain Timnas Kanada memilih untuk mogok main dalam laga uji coba melawan Timnas Panama yang dijadwalkan berlangsung pada Senin pagi WIB 6 Juni 2022. Sebabnya adalah tidak ada transparansi mengenai hak komersial.

Inter Milan Resmi Dapatkan Winger Timnas Kanada

Kanada diagendakan menjalani uji coba ini sebagai ajang persiapan menuju Piala Dunia 2022. Mereka sudah pasti lolos setelah menjadi pemuncak klasemen Kualifikasi Zona CONCACAF.

Namun, karena merasa tidak dihargai dan kecewa perihal hak komersial, para pemain satu suara untuk melakukan mogok tanding. Mereka menuntut adanya transparansi mengenai pendapatan tim nasional.

Bima Sakti Bela Arkhan Kaka, Sebut Selebrasi Terminator Tak Ada Masalah

"Empat tahun lalu, kami memulai misi untuk meninggalkan program lama dengan yang lebih baik. Saat itu, sudah lebih dari 30 tahun sejak negara kita ke Piala Dunia," demikian isi surat yang beredar, dikutip dari ESPN.

"Selain impian masa kecil kami untuk bermain di Piala Dunia, kami berharap bisa membawa tim ke tingkat apresiasi yang lebih tinggi dan juga peluang finansial sehingga jadi standar untuk generasi berikutnya."

Timnas Indonesia U-17 Sudah 2 Laga Gagal Menang, Begini Reaksi Erick Thohir

"Terlepas dari keberhasilan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Timnas Putra dan Putri pada 2021/2022, kami tidak melihat adanya perubahan. Di mana perkembangannya? Di mana uangnya?"

Pembatalan uji coba Timnas Kanada melawan Panama

Photo :
  • Darryl Dyck/The Canadian Press via AP

Aksi para pemain Kanada ini tak lepas dari kontrak komersial antara Canadian Soccer Association (CSA) dengan Canadian Soccer Business pada 2019. D mana mereka menjalin kerja sama untuk 10 tahun.

CSB adalah sebuah perusahaan yang diberi keleluasaan mencari sponsor untuk tim nasional. Namun, sampai sekarang tidak ada perwujudan realisasi kerja sama tersebut yang dampaknya kepada para pemain.

Sebelum memutuskan melakukan aksi mogok, pada Maret 2022 para pemain coba berbicara dengan perwakilan federasi mengenai hal ini. Namun selalu ditunda dan akhirnya sampai tenggat waktu 4 Juni 2022 tak kunjung terlaksana.

"Untuk alasan itu, kami memilih untuk tidak bermain dalam pertandingan melawan Panama. Ini waktunya kami mengambil sikap untuk masa depan sepakbola Kanada."

Para pemain menuntut agar CSA melakukan kajian ulang atas kerja dengan dengan CSB. Mereka ingin semuanya menjadi jelas dan hak pemain dipenuhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya