Timnas Negara Eropa Ini Nunggu 2 Tahun Buat Bikin Gol, Selebrasinya Heboh Banget

Pemain Timnas San Marino rayakan gol
Sumber :
  • AP Photo/Felice Calabro

San Marino – Ternyata tak semua Timnas negara Eropa jago. Ada satu negara yang memiliki rekor sangat buruk yakni Timnas San Marino.

Indonesia Hadapi Pertahanan Kokoh Uzbekistan di Piala Asia U-23

San Marino merupakan negara penghuni posisi 207 FIFA alias paling buncit. Sepanjang sejarah, San Marino baru merasakan satu kemenangan. Dan itu terjadi dalam laga persahabatan melawan Liechtenstein, 28 April 2004.

Jangankan menang atau imbang, bisa mencetak gol saja hal yang langka bagi San Marino. Hal tersebut terlihat saat San Marino bertemu Timnas Denmark di laga Kualifikasi EURO 2024 di Olimpico di Serravalle, Rabu dini hari WIB, 18 Oktober 2023.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

San Marino mencetak gol di menit 61 melalui sepakan voli Alessandro Golinucci. Gol yang sempat menyamakan kedudukan ini disambut dengan sangat heboh.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Dilansir ESPN, seluruh pemain San Marino menghampiri Golinucci. Bahkan pemain cadangan juga ikut merayakan gol tersebut.

Gol tersebut sangat berarti bagi San Marino. Ini menjadi gol perdana San Marino di laga kompetitif dalam dua tahun terakhir.

Terakhir kali San Marino mencetak gol di Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat takluk 1-7 dari Polandia pada 6 September 2021. Gol San Marino kala itu dicetak Nicola Nanni.

Sementara itu, di Kualifikasi Piala Eropa, San Marino harus menunggu empat tahun, atau 12 pertandingan untuk kembali mencetak gol. Terakhir gol dicetak saat San Marino takluk 1-3 dari Kazakhstan pada 17 November 2019.

Pada akhirnya, San Marino harus kalah 1-2 dari Denmark. Namun, bisa mencetak gol saja sudah menjadi sejarah untuk San Marino.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya