Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2024: Mimpi Terakhir Luka Modric Bawa Juara?

Timnas Kroasia peringkat ketiga Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AFP

JakartaTimnas Kroasia tampaknya masih menjadi tim yang mengejutkan. Vatreni-julukan Kroasia- akan kembali menjadi pengganggu di Piala Eropa 2024 nanti. Edisi turnamen bergengsi benua biru itu bakal menjadi momen penting bagi mereka terkhusus bagi sang kapten, Luka Modric.

Klasemen Grup A EURO 2024: Awal Manis Timnas Jerman

Sebab ini mungkin bisa jadi mimpi terakhir penggawa senior Real Madrid itu membawa Timnas Kroasia juara. Selama berkarier, Modric belum berhasil membantu negaranya mengukir gelar juara.

Meski demikian, gelandang 38 tahun itu sempat nyaris beberapa kali mewujudkan mimpi tersebut. Salah satunya di Piala Dunia 2022 kemarin di mana Kroasia keluar sebagai juara ketiga. 

Hasil Lengkap EURO 2024: Timnas Spanyol dan Italia Menang di Grup Neraka

Gelandang Timnas Kroasia, Luka Modric

Photo :
  • AFP

Timnas Kroasia sendiri bukan pendatang baru di Piala Eropa. Mereka sudah cukup banyak ‘makan garam’ di turnamen tersebut. Setelah memisahkan diri dari Yugoslavia, Kroasia langsung tampil moncer di laga debut mereka pada Piala Eropa 1996.

Bek Timnas Belanda Terganggu Isu Kepindahan ke Man United

Sebagai pendatang baru kala itu, Vatreni mampu melangkah hingga babak perempatfinal. Namun sayang di edisi berikutnya statistik mereka menurun. Timnas Kroasia tidak terkualifikasi ikut Piala Eropa 2000. 

Tak ingin terus terpuruk, mereka pun kembali eksis pada edisi 2004 di Portugal. Perjalanan mereka cukup singkat kala itu. Timnas Kroasia hanya meramaikan keseruan di fase grup saja. Perubahan besar pun terjadi pada Piala Eropa 2008.

Kali ini Modric ikut berpartisipasi dan sukses mendongkrak Vatreni ke perempatfinal lagi. Berharap ada perubahan, Timnas Kroasia kembali mentok di fase grup pada Piala Eropa 2012. Adapun pada sisa dua edisi terakhir, Modric dan kolega kini masih stagnan di babak 16 besar (2016 dan 2020).

Kans mereka di Piala Eropa 2024 cukup menantang. Berhadapan dengan Timnas Spanyol dan Italia di Grup B tentu bukan hal yang mudah meski satu tim lainnya, Albania, tampaknya bisa mudah diatasi oleh Kroasia. Mereka tetap harus memperebutkan setidaknya posisi runner up grup untuk memastikan aman lolos ke fase gugur.

Pemain Bintang

Luka Modric akan menjadi pemain kunci di tim asuhan Zlatko Dalic untuk Piala Eropa 2024. Meski belakangan sudah mulai jarang merumput di Real Madrid, tetapi ketajaman insting gelandang satu ini masih berbahaya.

Umpan-umpan licik Modric diyakini bisa menjadi ancaman serius bagi tim lawan. Eks penggawa Tottenham Hotspur bakal menjelma sebagai monster di lini tengah jika ruang geraknya tak segera ditutup.

Luka Modric

Photo :
  • instagram @lukamodric10

Selama berkarier di Real Madrid, Modric sudah mencatatkan assist sebanyak 86 dan gol 39 dari 532 capsnya di semua kompetisi. Di Timnas Kroasia, pemain kelahiran Zadar ini telah mengemas 29 assist dan 24 gol dari 174 laga.

Berikut 26 pemain Timnas Hungaria untuk Piala Eropa 2026:
Kiper : Dominik Livaković (Fenerbahce), Ivica Ivušić (Pafos), Nediljko Labrović (Rijeka).

Bek : Domagoj Vida (AEK), Josip Juranović (Union Berlin), Joško Gvardiol (Manchester City), Borna Sosa (Ajax), Josip Stanišić (Bayer Leverkusen), Josip Šutalo (Ajax), Martin Erlić (Sassuolo), Marin Pongracić ( Lecce).

Gelandang : Luka Modrić (Real Madrid), Mateo Kovačić (Manchester City), Marcelo Brozović (Al-Nassr), Mario Pašalić (Atalanta), Nikola Vlašić (Torino), Lovro Majer (Wolfsburg), Luka Ivanušec (Feyenoord), Luka Sučić (RB Salzburg), Martin Baturina (Dinamo).

Penyerang : Ivan Perišić (Hajduk), Andrej Kramarić (Hoffenheim), Bruno Petković (Dinamo), Marko Pjaca (Rijeka), Ante Budimir (Osasuna), Marco Pašalić (Rijeka).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya