Ada 2 Wajah 'Bule' Dalam Skuat Timnas Malaysia, Siapa Dia?

Ilustrasi Timnas Malaysia sedang menjalani latihan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id – Perubahan yang dibuat oleh Ong Kim Swee dalam tim Malaysia jelang hadapi Indonesia memunculkan dua wajah asing dalam skuat Harimau Malaya. Ada dua wajah 'bule' terlihat di antara 23 pemain.

Cek Fakta: Guinea Didiskualifikasi, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade 2024

Ya, mereka adalah pemain Malaysia yang memiliki darah Australia yaitu Brendan Gan dan Matthew Davies. Keduanya sudah bermain di Liga Malaysia dalam dua tahun terakhir.

Brendan Gan adalah gelandang berusia 28 tahun yang pernah bergabung dengan Sydney FC di A-League. Ia memiliki kelebihan tendangan keras dari jarak jauh dan juga sundulan mematikan.

Respons Mengejutkan Shin Tae-yong Usai Indra Sjafri 5 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Pada 2011, Gan memutuskan untuk hijrah ke Malaysia dan kini memperkuat Kelantan FA. Ia pertama kali tampil membela bendera Malaysia pada 2016 dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Arab Saudi.

Sementara itu, Matt Davies sama-sama jebolan Liga Australia dengan memperkuat Perth Glory FC sejak 2013. Ia merupakan pemain muda yang dinilai akan melambung di masa depan. Bahkan, kostum Timnas Australia U-19 dan U-23 pernah dibelanya.

Netizen Indonesia Ngamuk Lagi, Setelah Serang Elkan Baggott Kini Geruduk Como 1907

Ia pertama kali membela Malaysia di level U-23 pada SEA Games 2015 lalu, setelah beberapa kali dipanggil oleh FAM untuk membela negara kelahiran ibunya. Sebelum akhirnya tampil di tim senior pada September lalu.

Masalah kualitasnya, tak perlu dipertanyakan lagi. Pemain yang didapuk sebagai Best Young Players 2015-16 itu memiliki kecepatan untuk menusuk dari sisi sayap.

Namun, kondisi Gan masih belum bisa dipastikan akan bermain dalam laga melawan Indonesia pada laga uji coba hari Selasa, 6 September 2016, karena masih didera masalah punggung.

Cederanya memang sudah lewat, tetapi kondisi Gan masih belum 100 persen bisa bermain. "Brendan telah bergabung dalam latihan penuh dengan tim, dan terlihat baik," ujar asisten pelatih Malaysia, Brad Maloney, pada ESPN FC.

"Tapi, keputusan akhir apakah mereka akan main atau tidak akan diputuskan sampai saat-saat terakhir sebelum pertandingan," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya