Bek Persib Makin Getol Geluti Podcast di Tengah Pandemi Virus Corona

Bek Persib, Zalnando
Sumber :

VIVA – Banyak cara dilakukan pesepakbola untuk mengisi waktu luang di tengah kompetisi yang terhenti akibat pandemi virus corona. Tak terkecuali, bek Persib Bandung, Zalnando, yang belakang ini merambah dunia podcast.

Merayakan Ulang Tahun ke-89 Persib Bandung

Pemilik nomor punggung 17 ini mengaku, sudah menggeluti podcast sejak tiga tahun lalu tepatnya 2017. Namun, karena kesibukannya di lapangan hijau membuatnya sering terlewat.

(Baca juga: Persib Terapkan Protokol Kesehatan Ketat ke Pemain)

Bangkit, Persib Sukses Bungkam Arema FC

"Cuma mengisi waktu luang, sambil belajar ngomong dan belajar nulis juga. Lebih untuk ngisi waktu luang dan lebih produktif. Apalagi, sekarang banyak waktu luang di rumah," ujar Zalnando kepada wartawan, Rabu 17 Juni 2020.

Tampil sebagai podcaster, kata Zalnando, terpinspirasi dari Iqbal Hariadi yang merupakan influencer yang menyebarkan karya dan pengembangan anak muda. Selain itu, podcast lebih nyaman lantaran hanya menampilkan suara ketimbang wajah.

Persib Gusur Arema FC Setelah Libas Persiraja di Bawah Guyuran Hujan

Selama podcast, eks pemain Sriwijaya FC ini banyak membahas tentang beberapa pengalaman yang dialaminya selama ini. Terutama dunia sepakbola dan pendidikan.

"Saya lebih tujuannya kaya di usia yang baru ngerintis. Jadi, saya sharing saja beberapa pengalaman yang saya alami juga. Termasuk, yang ada di lingkungan saya, termasuk soal perspektif saya, gitu-gitulah. Soalnya orang di luar tidak tahu gimana saya, makanya saya sampaikan dari sudut pandang saya,"ungkapnya.

(Baca juga: Kisah Bintang Persib Dorong Motor Karena Kehabisan Bensin)

"Kadang ada beberapa pemain bola yang gak lihat pendidikan, padahal pendidikan itu tinggi, daripada main bola, meskipun ada yang ninggalin pendidikan karena bola, tapi saya ingin kasih tahu kalau pendidikan juga penting. Ada kan yang saking fokus main bola jadi pendidikan dilupakan, saya ingin kasih tahu," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya