Pluim Cetak Brace, PSM Hancurkan Persib di Mattoangin

Bintang PSM Makassar, Willem Jan Pluim
Sumber :
  • Liga-Indonesia.id

VIVA – PSM Makassar tampil beringas saat menjamu Persib Bandung dalam laga pekan ke-15 Liga 1 2019. Menjamu Persib di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, armada Juku Eja meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 3-1, Minggu 18 Agustus 2019 WIB.

Final Championship Series Liga 1: Pelatih Persib Ungkap Cara Sulitkan Madura United

Dalam pertandingan ini, baik PSM dan Persib sama-sama turun dengan kekuatan penuh. Meski demikian, PSM yang tampil di depan ribuan suporter fanatiknya mampu mendominasi penguasaan bola.

Babak kedua baru berjalan dua menit, PSM sudah membahayakan gawang Persib lewat sebuah eksekusi tendangan bebas. Berjarak cukup jauh, gelandang serang asal Belanda itu mampu mengarahkan bola ke sudut kiri gawang. Sayang, bola sepakannya berhasil ditepis I Made Wirawan.

Tiket Ludes, Madura United Bakal 'Diteror' saat Lawan Persib Bandung

Menit 13, giliran kompatriot Pluim, Marc Anthony Klok yang menciptakan peluang emas. Memanfaatkan assist dari tendangan bebas Pluim, Klok mampu menanduk bola ke arah tengah. Akan tetapi, Made berdiri tepat ke mana bola mengarah dan dengan mudah mampu menangkapnya.

Persib yang lebih banyak bertahan sempat membuat dua peluang emas. Menit 14, Ezechiel N'Douassel berhasil melepaskan tembakan keras mendatar ke arah gawang. Namun, Rivky Mokodompit bergerak cepat dan mampu mematahkan peluang striker berpaspor Chad itu.

Kiper Persib Yakin Habisi Madura United tanpa Adu Penalti

Febri Hariyadi kemudian memiliki peluang emas buat Persib pada menit 27. Berawal dari serangan balik cepat, winger lincah Persib ini mampu memanfaatkan passing Ardi Idrus dengan sebuah sepakan mendatar. Akan tetapi, bola sepakannya dengan sempurna mampu diblok bek PSM, Beny Wahyudi, yang tiba-tiba datang dari belakang.

Peluang emas lainnya lewat tendangan bebas jarak jauh Supardi Nasir juga gagal berbuah hasil bagi Persib. Tepatnya menit 38, kapten Persib ini melepaskan tembakan melengkung jarak jauh ke arah tengah gawang. Akan tetapi, Rivky yang mampu membaca arah bola dengan baik mampu menepisnya.

PSM akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit 42. Pluim yang dikawal dua pemain Persib tetap bisa menembakkan bola dari luar kotak penalti. Bola menyusur tanah dan menukik tajam sehingga gagal dihalau Made dan bersarang di sudut kanan gawang.

Semenit berselang, Zulham Zamrun mampu menggandakan keunggulan PSM. Kembali, bola bersarang di sudut kanan gawang setelah eks winger Persib itu menembakkan bola dari sisi yang hampir sama dengan Pluim. PSM kemudian memimpin 2-0 dalam 45 menit awal.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, duel dua raksasa semakin memanas. Baru dua menit babak kedua dimulai, PSM berhasil memperbesar keunggulannya. Kembali, Pluim mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan spektakuler jarak jauh membuatnya kembali menaklukkan Made.

Dua menit berselang, Persib yang tak mau mengalah begitu saja mampu memperkecil ketinggalan. Memanfaatkan umpan Supardi, N'Douassel mampu mengoyak gawang PSM lewat sebuah tembakan keras dari tengah kotak penalti.

N'Douassel hampir saja kembali mencetak gol pada menit 57. Namun kali ini, sepakan juru gedor berusia 31 tahun itu masih membentur mistar gawang.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. PSM berhasil mempertahankan kemenangannya dengan skor final 3-1. Berkat kemenangan ini, PSM berhasil memperbaiki posisinya ke urutan ketujuh klasemen sementara Liga 1. Saat ini, pasukan Darije Kalezic mengoleksi 19 poin. 

Sementara bagi Persib, kekalahan ini menambah rekor buruk armada Maung Bandung tak pernah menang dalam enam laga terakhirnya. Persib menelan tiga empat kekalahan dan dua hasil imbang dalam enam laga terakhir, sehingga membuat pasukan Robert Rene Alberts tak bergerak dari posisi 11 klasemen dengan poin 15.

Susunan Pemain:

PSM Makassar: Rivky Mokodompit (gk); Hasyim Kipuw, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Marc Klok, Zulham Zamrun, Muhammad Rachmat (Muhammad Rizky Pratama'89), Ferdinand Sinaga (Eero Markkanen'63).

Persib Bandung: I Made Wirawan (gk); Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Bojan Malisic, Ardi Idrus, Hariono (Dedi Kusnandar'61), Ghozali Siregar (Erwin Ramdani'74), Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra, Ezechiel N'Douassel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya