Shin Tae-yong Yakin Spaso Bakal Jadi Pembeda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Penyerang Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic.
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sekarang memuji penampilan penyerang Bali United, Ilija Spasojevic. Dia menyebut pemain berdarah Montenegro tersebut bisa menjadi pembeda bagi skuad Garuda.

Cek Fakta: Guinea Didiskualifikasi, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade 2024

Spaso, begitu dia akrab disapa, menjadi bagian dari 23 pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Sebelum turnamen ini, mantan pemain Persib Bandung itu tak dilirik STY meski tampil gacor bersama Bali United.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • Instagram/@baliunitedfc
Respons Mengejutkan Shin Tae-yong Usai Indra Sjafri 5 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Saat itu, STY beralasan bahwa Spaso tidak masuk ke dalam skema permainannya sehingga enggan memanggil penyerang berusia 35 tahun tersebut.

Kini, pelatih asal Korea Selatan tersebut mulai menaruh harapan kepada Spaso. Bahkan, ia tidak sungkan menyebut pemain yang sempat berseragam Bhayangkara FC itu bisa membuat perbedaan di lini depan skuad Garuda.

Netizen Indonesia Ngamuk Lagi, Setelah Serang Elkan Baggott Kini Geruduk Como 1907

"Saya tidak ada membedakan pemain, maksudnya ini pernah dipanggil, ini tidak pernah panggil. Apalagi, mental (Spaso) saat ini sangat baik dan berubah menjadi pemain yang lebih kuat lagi saat ini," ujar Shin Tae-yong saat ditemui wartawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa 20 Desember 2022.

"Mungkin ya (Spaso) salah satu pemain yang bisa mengubah situasi menjadi lebih baik lagi ya Spaso saat ini," sambungnya.

Dalam beberapa tahun ke belakang, Timnas Indonesia memang kesulitan mencari sosok striker tajam. Shin Tae-yong berkali-kali memanggil penyerang berbeda sebelum menaruh kepercayaan kepada Spaso.

Untuk Piala AFF 2022 ini, Spaso sejatinya bukan pilihan utama juru taktik asal Korea Selatan itu. Dia memilih Dimas Drajad sebelum striker Persikabo 1973 itu mengalami cedera ketika berlatih di Bali.

Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Filipina.

Di laga pertama Grup A, Timnas Indonesia akan menjamu Kamboja. Pertandingan bakal berlangsung di SUGBK, pada Jumat 23 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya