Frank Wormuth Kombinasikan Gaya Main Eropa dan Indonesia di Timnas U-17

Frank Wormuth
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktur Teknik PSSI, Frank Wormuth memuji kualitas yang dimiliki pemain Timnas Indonesia U-17.

Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

Namun, menurutnya kualitas itu belum cukup untuk berlaga di turnamen seperti Piala Dunia.

Oleh karena itu, dalam pemusatan latihan yang sudah berjalan dua bulan ini, ia menekankan latihan fisik kepada pemain.

Sepakbola Indonesia Masih Jauh dari Ideal


"Saya melihat mereka semua punya kualitas yang bagus dan itu penting. Mereka semua bisa memainkan bola dengan baik tapi memang untuk main di sebuah turnamen, dibutuhkan fisik yang bagus," kata Frank 

"Dan untuk meningkatkan fisik butuh waktu. Inilah yang sedang kita kerjakan saat ini," ujarnya menambahkan.

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025

Juru taktik asal Jerman itu menegaskan dirinya tidak akan merubah sepenuhnya gaya sepakbola Indonesia. Namun, dia akan mencoba menyempurnakan itu dengan mengkombinasikan gaya sepakbola Eropa yang mengedepankan fisik.

"Kami sedang coba menerapkan gaya sepakbola Eropa tanpa melupakan gaya sepakbola Indonesia. Jadi kami harus mengkombinasikan budaya yang ada ini dan mari kita lihat apa yang akan terjadi," ucapnya.

"Masih ada beberapa posisi yang harus kami isi, itulah mengapa kami melakukan seleksi mini game dan juga uji coba untuk semua pemain. Mungkin kami akan menemukan pemain yang bisa mengisi dan melengkapi 11 terbaik atau 20 terbaik untuk turnamen nanti dari seleksi ini," kata dia lagi.

Timnas Indonesia U-17 sudah menjalani beberapa kali uji coba. Hasilnya, tim asuhan Bima Sakti menelan kekalahan dari Barcelona Juvenil A dengan skor 0-3 dan tumbang 0-1 dari Korea Selatan.

Untuk menyambut Piala Dunia U-17, Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Jerman pada 17 September hingga medio Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya